Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cicip Tendangan Turbo di Civic "Hatchback"

Febri Ardani Saragih - Rabu, 14 Juni 2017 | 07:45 WIB
Honda Civic Turbo Hatchback
Febri Ardani/Otomania.com
Honda Civic Turbo Hatchback

Jakarta, Otomania.com – Sudah lama Honda di Indonesia tidak menjual Honda Civic versi bodi hatchback, terakhir adalah Estillo dari generasi keempat pada 1995. Lintas lima generasi kemudian, Civic hatchback kembali dalam negeri.

Jangan bayangkan Civic hatchback sekarang punya rasa seperti dulu. Semua hal berbeda, bodinya makin gemuk, banyak injeksi modernitas, rancangannya semakin efisien sekaligus juga lebih bertenaga.

Honda Civic Turbo Hatchback
Febri Ardani/Otomania.com
Honda Civic Turbo Hatchback
Civic hatchback generasi kesepuluh sudah diluncurkan Honda Prospect Motor (HPM) di Jakarta, pada Jumat (9/6/2017). Peluncuran itu menyusul versi sedan yang sudah duluan tiba pada tahun lalu.

Beberapa hari setelah meluncur, Otomania.com, mendapat kesempatan mencicipi langsung rasanya mengendarai Civic hatchback di acara yang digelar HPM, Rabu (14/6/2017). Sesi test drive kali ini diselenggarakan unik, sebab singkat dan dilakukan pada malam hari sehabis berbuka puasa.

Honda Civic Turbo hatchback
Istimewa
Honda Civic Turbo hatchback
Mirip sedan

Unit uji varian tertinggi S yang dilego Rp 438 juta. Dari luar memang sudah ketahuan tampang hatchback berbeda ketimbang sedan, namun dari arah mata pengemudi di kabin pemandangannya sama saja. Sedikit perbedan, nuansa kabin hatchback lebih gelap serta menggunakan headunit yang belum mirror link.

Duduk di jok pengemudi pun tidak beda dari sedan. Instrument cluster mirip sedan, tombol-tombol pada kemudi pun sama. Pengemudi bisa mencocokan sesukanya soal posisi mengemudi sebab tersedia delapan pengaturan elektrik jok sekaligus setirnya bisa naik-turun dan mundur-maju.

Honda Civic Turbo Hatchback
Febri Ardani/Otomania.com
Honda Civic Turbo Hatchback

“Tendangan” turbo

Salah satu keunggulan signifikan Civic generasi kesepuluh yakni pilihan mesin turbo 4-silinder 1.5L DOHC yang menggantikan mesin lama 1.8L non-turbo. Tenaga yang dihasilkan mesin turbo itu sama seperti sedan, yakni 173 PS dan torsi 220 Nm.

Sama seperti di kabin, impresi awal saat nyetir Civic hatchback juga mirip sedan. Rasanya kalau sudah di kabin jadi sulit menebak lagi nyetir sedan atau hatchback. Namun, kaki-kaki Civic hatchback terasa lebih kaku atau tidak seempuk sedan. 

Tidak banyak jalan yang bisa dilalui sesi test drive ini, karena usai buka puasa kondisinya macet dan hujan. Meski begitu, tarikan awal tenaga dan torsinya sempat dicoba sebentar. Tendangan turbo ketika pedal gas ditekan lebih dalam akan keluar pada sekitar 3.500 rpm, itu sudah lebih dari cukup buat mendahului kendaraan di dalam kota.

Sayangnya, waktu test drive cuma sebentar. Kondisi macet dan hujan bikin sulit benar-benar merasakan performa Civic hatchback yang diklaim lebih baik dari sedan.

Civic hatchback lebih berat 13 kg dari sedan, kebanyakan berasal dari kaca belakang dan penguatannya. Namun, varian yang jadi basis Type R ini punya pusat gravitasi lebih ke tengah hingga menghasilkan rasa berkendara yang luwes dan penurut. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa