Seberapa Jauh Datsun Bisa Berjalan dengan 3 Liter Bensin?

Aris F Harvenda - Senin, 29 Mei 2017 | 11:34 WIB
Pengujian menggunakan Datsun Go+ Panca melewati beberapa kondisi jalan yang kerap terjadi
Otomania
Pengujian menggunakan Datsun Go+ Panca melewati beberapa kondisi jalan yang kerap terjadi

Jakarta, Otomania.com - Ada beragam metode untuk mengukur penggunaan bahan bakar. Ada full to full, caranya tangki bensin diisi penuh, lalu mobil digunakan sejauh jarak yang diinginkan, lalu diisi ulang sesuai dengan batas saat pengisian pertama.

Hasilnya, total jarak tempuh dibagi dengan jumlah bensin yang diisi ulang. Metode ini tergolong cukup akurat dan kerap dipakai sebagai cara paling tradisional.

Cara paling mudah namun diyakini beberapa kalangan kurang akurat yaitu perhitungan dengan memanfaatkan informasi dari kendaraan yang ada di panel meter. Beberapa mobil sudah dilengkapi dengan perhitungan penggunaan bahan bakar baik real time ataupun rata-rata pada multi information display (MID). Datsun Go+ Panca juga memiliki fitur tersebut sebagai info bagi pengemudi.

Otomania.com - Sebelum dimulai tangki Datsun Go+ Panca dikosongkan terlebih dahulu di diler Nissan Datsun Halim, Jakarta.
Otomania
Otomania.com - Sebelum dimulai tangki Datsun Go+ Panca dikosongkan terlebih dahulu di diler Nissan Datsun Halim, Jakarta.

3 liter

Pada pengujian kali ini awak redaksi menggunakan cara lain yang juga sudah sering digunakan. Bensin yang berada di tangki dikosongkan. Untuk memastikan tidak ada lagi BBM yang tersisa mobil coba dinyalakan hingga benar-benar mati.

Setelah dipastikan tidak ada lagi bensin yang tersisa, awak redaksi memasukkan 3 liter bensin ke tangki. Lalu Datsun Go+ Panca tersebut dibawa jalan sejauh mungkin hingga mobil kehabisan bensin.

Setiap mobil diisi 2 orang dengan bobot total 170 kg. Penyejuk kabin (AC) diaktifkan pada level 1. Metode berkendara yang dilakukan adalah eco drive. Pengujian dilakukan di waktu dan rute bersamaan agar berimbang.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor :

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa