Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Indonesia Sudah Gelar Balap di Sirkuit Jalan Raya Sejak 1970-an

Febri Ardani Saragih - Jumat, 26 Mei 2017 | 09:54 WIB
Sirkuit BSD City bakal menggelar balapan pada 18 - 20 Agustus 2017
Febri Ardani/Otomania
Sirkuit BSD City bakal menggelar balapan pada 18 - 20 Agustus 2017

Tangerang, Otomania.comSirkuit BSD City di Tangerang bukan lokasi pertama digelarnya balapan jalan raya. Balapan dengan pemandangan dalam kota seperti itu sudah pernah dibuat di Indonesia sejak era 1970an.

Saksinya adalah Ketua Bidang Olahraga Mobil Ikatan Motor Indonesia Poedio Oetojo. Dia mengatakan para penggemar balap mobil di Indonesia sangat beruntung sebab sudah 40 tahun tidak pernah kekurangan sirkuit.

“Jadi memang sejarahnya, pada 1975 itu sudah ada Sirkuit Ancol, kemudian Sirkuit Sentul dibangun pada 1990-an,” kata Poedio mengulas sejarah sirkuit jalan raya di Indonesia saat konferensi pers BSD City Grand Prix, Rabu (24/5/2017).

BSD City menjadi sirkuit jalan raya paling terkini yang ada di Indonesia. Persis sebelum BSD City, kawasan Tangerang juga pernah menggelar sirkuit jalan raya di Lippo Karawaci.

“Balap mobil yang dilaksanakan di jalan raya, sebelum BSD City ada beberapa yang saya catat, pertama di Pangkalan Kalijati pada 1970-an, lalu pada 1975 juga ada di Tugu Muda Semarang. Satu lagi yang saya tidak ingat tahunnya itu di Gelora Senayan,” kata Poedio.

Ketimbang di sirkuit, balapan di jalan raya memberikan sensasi berbeda dan bahaya pada tingkat yang berbeda. Kadar hiburan pada sirkuit jalan raya juga semakin tinggi sebab penonton bisa berada lebih dekat saat para pebalap beraksi. 

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa