Kecelakaan Berawal dari Pelanggaran Kecil

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 25 Mei 2017 | 21:09 WIB
Petugas kepolisian mengedukasi cara menggunakan helm yang benar pada kampanye Gerakan Tertib Berlalu Lintas (GATEL) Otomania di pertigaan Kalibata
Otomania
Petugas kepolisian mengedukasi cara menggunakan helm yang benar pada kampanye Gerakan Tertib Berlalu Lintas (GATEL) Otomania di pertigaan Kalibata

Jakarta, Otomania.com - Menjadi pengguna jalan baik pengemudi mobil maupun pengendara motor, selalu dihantui dengan risiko kecelakaan. Data terkini mengenai korban di jalan raya, setiap harinya ada tiga orang meninggal setiap jam di jalan raya.

Ini yang membuat Otomania.com untuk menggaunggkan kampanye Gerakan Tertib Berlalu Lintas (Gatel). Kegiatan ini terus dilakukan dan paling baru, bertemu masyarakat di sekitar Kalibata, Jakarta, Timur mengingatkan pentingnya kesadaran penggunaan perangkat keselamatan serta rambu lalu lintas.

Kegiatan yang didukung oleh NTMC dan Korlantas Polri serta Yayasan Astra Honda Motor (YAHM)ini berlangsung sejak 22 Mei hingga 24 Mei 2017. Dalam kegiatan ini pengguna kendaraan bermotor diberi penyuluhan singkat pentingnya tertib berlalu lintas.

"Kejadian kecelakaan di jalan raya selama ini terjadi akibat pelanggaran. Sekecil apapun. Oleh sebab itu setiap individu pengendara penting menanamkan disiplin mematuhi peraturan lalu lintas," ucap Bripda Nova Dwiningtyas dari NTMC Polri saat ditemui Otomania, Rabu (24/5/2017).

Kampanye Tertib Lalu Lintas Otomania Gatel On The road bersama NTMC Polri
Otomania
Kampanye Tertib Lalu Lintas Otomania Gatel On The road bersama NTMC Polri

Beberapa kondisi yang paling banyak ditemui selama kampanye ini adalah pengendara motor yang lupa mengunci tali helm serta pengemudi mobil yang tidak mengenakan sabuk pengaman. Banyak pengendara mengapresiasi kegiatan ini dengan positif serta berjanji untuk mengikuti gerakan tertib berlalu lintas yang digaungkan Otomania dengan menempelkan stiker Gatel pada kendaraan mereka.

"Semua bermula dari kesalahan kecil. Sayangnya penggunaan perangkat keselamatan yang baik dan benar tidak dibiasakan sejak naik kendaraan. Tadi banyak yang baru diingatkan, baru dilakukan. Harapannya dengan kegiatan seperti ini pengguna kendaraan bermotor makin menyadari pentingnya perangkat tersebut untuk keselamatan," ucap Bripda Dela Sinta Utami dari NTMC Polri.

Selain penyuluhan dan pembagian stiker, kegiatan ini juga membagikan pin keselamatan berkendara dari Honda serta buku panduan tertib bersepeda motor di jalan persembahan dari YAHM. YAHM bergabung bersama Otomania dalam program ini karena sejalan dengan perhatian yayasan dalam bidang keselamatan berkendara.

"Kami meyakini keselamatan berkendara harus dimulai dengan membudayakan ketertiban berlalu lintas dan YAHM melihat upaya ini harus dilakukan para stakeholder agar efektif dan melibatkan sebanyak mungkin kalangan.Keselamatan berkendara bukan tema tahun ini saja karena topik ini bagi YAHM bukan sekedar tema tahunan tapi juga merupakan salah satu pilar utama dalam kegiatan AHM di setiap tahun," ucap Ahmad Muhibbuddin, Deputy HEad of Corporate Communication AHM.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa