Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hindari Pemotor yang Merokok di Jalan Raya

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 19 Mei 2017 | 07:33 WIB
Ilustrasi.
Thinkstock
Ilustrasi.

Jakarta, Otomania.com - Kejadian apes yang menimpa pengendara motor Rendhy Moulana bisa terjadi pada siapa saja. Matanya nyaris buta akibat abu rokok dari pengendara motor yang seenaknya merokok sambil berkendara.

Siswanto, instruktur berkendara Honda Wahana mengungkapkan, meski tidak ada peraturan yang melarang pengendara merokok, namun kesadaran menghargai orang lain di jalan perlu ditumbuhkan.

"Sebenarnya bukan hanya pengendara motor saja, sering kita lihat pengguna mobil seenaknya membuka kaca lalu merokok. Baiknya ada kesadaran, kenyamanan orang lain juga perlu dipikirkan. Apalagi sampai kejadian seperti masuk ke mata," ucap Siswanto yang dihubungi Otomania, Kamis (18/5/2017).

Bagi pengendara motor, sebaiknya memperhatikan sekelilingnya. Bila ada pengendara lain yang sedang asyik merokok baiknya dihindari atau menjauh. Tidak perlu melakukan konfrontasi yang akhirnya bisa jadi membuat pertikaian di jalan raya.

Rendhy Moulana berbagi pengalamannya di halaman sosial media
FB Rendhy Moulana
Rendhy Moulana berbagi pengalamannya di halaman sosial media

Sebagai tindakan pencegahan lain sebaiknya area muka memang tertutup pelindung. Penggunaan helm fullface, atau pemakaian kaca pelindung selama perjalanan menjadi penting.

"Ini pentingnya kaca helm. Buat keamanan jangan pernah membuka kaca helm saat berkendara," ucap Siswanto.

Selain itu untuk para perokok sebaiknya mulai memperhatikan sekeliling karena kegiatannya dapat merugikan orang lain. Kejadian yang menimpa Rendhy Moulana bisa saja terjadi di banyak pengendara lain akibat ketidak pedulian dengan pengguna jalan lainnya.

"Saling hormati pengguna kendaraan lain yang berada di jalan yang sama. Itu lebih penting. Tahan dulu tidak merokok, sudah terkena asap kendaraan lain ini ditambah asap rokok," ucap Siswanto.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa