Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Aman untuk Hijaber Jadi Penumpang Motor

Setyo Adi Nugroho - Minggu, 14 Mei 2017 | 12:05 WIB
Ilustrasi wanita hijab naik motor
kaskus.co.id
Ilustrasi wanita hijab naik motor

Jakarta, Otomania.com - Salah satu perhatian keselamatan di jalan raya selain pengguna sepeda motor adalah pembonceng motor. Para boncenger ini bisa menjadi korban di jalan raya akibat kurangnya pengetahuan mengenai cara membonceng yang baik dan benar.

Salah satu perhatian adalah para hijaber yang karena alasan keyakinan tidak mau duduk berdekatan atau bersentuhan. Padahal ini dapat membahayakan keselamatan selama berada di atas sepeda motor.

"Sering dilihat biasanya memilih memegang bagian belakang pada behel motor. Ini sebenarnya berbahaya," ucap Murniyanti, praktisi keselamatan berkendara dan juga anggota klub sepeda motor perempuan Woman on Wheels saat ditemui beberapa waktu lalu.

Pasalnya, memegang bagian belakang sepeda motor itu berpotensi jatuh misal saat motor berhenti mendadak. Ini karena memegang ke arah belakang tidak sekuat memegang pegangan yang berada di depan.

Menurut Murni, jadi pembonceng paling tepat adalah memegang pengendara di depan. Jika tidak boleh bersentuhan, bisa menggenggam jaketnya. Paling penting pegangannya di arah depan.

Kesalahan berikutnya adalah posisi duduk pembonceng adalah memilih duduk menyamping dibandingkan ke arah depan. Posisi ini tidak disarankan untuk keselamatan berkedara.

"Ini membuat kontrol pengendara terganggu karena setang kemudi jadi condong ke arah berat posisi yang dibonceng. Untuk masalah ini baiknya para hijaber memang pakai legging agar lebih nyaman di motor dan duduk ke arah depan," ucap Murni.

Tidak lupa selama menjadi pembonceng perangkat keselamatan berkendara wajib digunakan. Selalu menggunakan helm dan jaket untuk mencegah luka yang lebih parah saat terjadi kecelakaan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa