Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kasus Polisi Tembak Mobil, Begini Seharusnya Sikap Hadapi Razia

Aditya Maulana - Rabu, 19 April 2017 | 12:30 WIB
Aparat Polres Magelang melakukan razia kendaraan bermotor di sekitar Candi Mendut, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menjelang Hari Raya Waisak, Rabu (18/5/2016).
Kompas.com/Ika Fitriana
Aparat Polres Magelang melakukan razia kendaraan bermotor di sekitar Candi Mendut, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menjelang Hari Raya Waisak, Rabu (18/5/2016).

Jakarta, Otomania.com - Baru saja terjadi kasus penembakan polisi ketika melakukan razia di Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Selasa (18/4/2017). Langkah itu diambil karena pengguna Honda City BG 1488 ON melarikan diri dari razia.

Alhasil, terjadi kejar-kejaran antara polisi dan pengemudi mobil sedan itu sejauh dua kilometer. Polisi sempat melakukan tembakan peringatan, namun tidak ada tanggapan, sampai akhirnya hampir seluruh penumpang mobil itu kena tembak, dan satu korban meninggal dunia.

Melihat peristiwa tersebut, polisi lalu lintas memang punya kewenangan untuk melakukan razia di jalan raya. Gunanya, untuk menciptakan kondisi berlalu lintas yang aman dan nyaman di sekitar wilayah tersebut.

Ketika menghadapi razia seperti itu, dijelaskan Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri Kombes Pol Benjamin, pengguna kendaraan tidak perlu panik dan merasa takut. Ikuti semua aturan yang telah ditetapkan.

"Misalnya, berhenti saja ketika diminta untuk berhenti. Jika salah juga tetap berhenti saja, dan ikuti apa yang diperintahkan polisi tersebut," ujar Benjamin kepada Otomania.com, Rabu (19/4/2017).

Razia seperti itu, lanjut Benjamin tidak akan membuat pengguna kendaraan masuk ke dalam penjara, apalagi tidak punya salah sedikit pun.

"Walaupun salah juga tindakan tilang saja, tidak sampai ke pidana. Daripada tidak mau berhenti dan malah dicurigai, itu justru akan dicurigai petugas," kata Benjamin.

Sementara itu, Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) menambahkan, razia itu merupakan hal yang biasa. Agar tetap nyaman, maka diimbau kepada pengguna kendaraan selalu taat pada peraturan.

"Misalnya tetap membawa kelengkapan surat, dan pastikan semua masa berlakunya masih hidup. Paling penting adalah mengikuti aturan dari petugas," ujar Edo.

Kata Edo, pastikan juga bahwa razia tersebut legal, dengan cara melihat papan informasi yang biasanya disimpan jauh di depan tempat razia.

"Jadi jangan takut kalau ada razia, ikuti saja semua perintah dari petugasnya," ucap Edo.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa