Dorna Sudah Tahu Soal Sirkuit MotoGP di Lombok

Aditya Maulana - Rabu, 5 April 2017 | 17:15 WIB
Para pebalap MotoGP bersaing saat balapan GP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (16/10/2016).
TOSHIFUMI KITAMURA/AFP PHOTO
Para pebalap MotoGP bersaing saat balapan GP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (16/10/2016).

Jakarta, Otomania.com - Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sudah dapat investor untuk membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Di daerah itu juga akan dibangun Sirkuit bertaraf internasional.

Investor asing yang bernama France's Vinci Construction siap mengucurkan dana Rp 6 Trilun untuk membangun tujuh hotel dan sirkuit, yang tujuan utamanya untuk menggelar MotoGP.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer menjelaskan, itu salah satu tujuan utama, tetapi jika belum tercapai Sirkuit tersebut tetap dibuat dan bisa digunakan untuk ajang balapan sepeda motor lainnya, seperti Super Bike, dan lain sebagainya.

"Tetapi rekan kita yang mengurus soal Sirkuit sudah berkomunikasi dengan Dorna Sport (penyelenggara MotoGP). Dorna sangat setuju ketika diperlihatkan lokasinya," kata Abdulbar saat dihubungi Otomania.com, Selasa (4/4/2017) malam.

Bahkan, kata Abdulbar sudah ada beberapa orang Dorna Sport yang berkunjung ke Mandalika, Lombok, NTB. Tetapi, pembahasannya baru sampai di situ.

"Kita tahu Palembang, Sumatera Selatan juga punya rencana. Kita tidak ingin mendahului, yang jelas kita punya tujuan utama menggelar MotoGP, tahun berapanya itu belum diputuskan," ujar Abdulbar.

Pihak Dorna pun pernah mengatakan, dalam satu negara tidak masalah ingin menggelar seri MotoGP dua kali. Bahkan, seperti Italia, Spanyol pun punya beberapa sirkuit internasional.

"Kata pihak Dorna tidak masalah, tetapi harus satu tahun satu kali, tidak boleh satu tahun di negara yang sama. Jadi kalau Palembang siap silahkan duluan, kami tidak mau mendahului," ucap dia.

Lagi pula, kata Abdulbar pembangunan fasilitas wisata dan Sirkuit baru dilakukan tahun ini dan direncanakan rampung pada 2019.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa