Fitur Anti-embun Rusak, Tak Harus Ganti Kaca

Aditya Maulana - Rabu, 22 Maret 2017 | 10:05 WIB
Defogger belakang
Stanly/Otomania
Defogger belakang

Jakarta, Otomania.com - Fungsi dari defogger, yaitu menghilangkan embun pada kaca bagian belakang mobil. Garis-garis yang melintang horizontal bisa menghantarkan panas, sehingga embun itu hilang dan pandangan pengemudi menjadi lebih jelas.

Mobil yang usia pakainya sudah lebih dari lima tahun, terkadang mulai banyak masalah, bisa saja fitur defogger yang dimilikinya itu tidak berfungsi. Jangan berkecil hati, ternyata kerusakan itu tidak selalu harus menggantinya semua.

Menurut General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM) Iwan Abdurahman, untuk memastikan tingkat kerusakan, sebaiknya dibawa ke bengkel. Sebab, banyak faktor sehingga tidak harus mengganti dengan komponen baru.

"Siapa tahu hanya sikringnya saja yang bermasalah. Kalau seperti itu tidak harus sampai mengganti kaca," kata Iwan kepada Otomania.com, Selasa (21/3/2017).

Iwan melanjutkan, lain hal jika usai diperiksa ternyata yang rusak kaca atau defogger-nya, maka itu harus diganti baru. "Jadi sebaiknya cek dulu ke bengkel resmi, biar tidak kena tipu juga,." kata Iwan.

Biaya pergantian setiap model berbeda-beda. Iwan mencontohkan Veloz, kaca dan defogger sekitar Rp 1,4 juta. "Belum lagi jasanya sekitar Rp 700.000," ucap dia.


Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa