Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Pengereman Mobil yang Tepat saat Konvoi

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 22 Maret 2017 | 09:35 WIB
Seseruan Sareng Datsun, tes LCGC Datsun Jakarta-Subang
Otomania/Setyo Adi
Seseruan Sareng Datsun, tes LCGC Datsun Jakarta-Subang

Makassar, Otomania.com – Berencana untuk pergi bersama kelompok atau berombongan dengan berkendara mobil? Ada baiknya mempersiapkan kondisi mobil dengan seksama.

Salah satu bagian terpenting yang perlu dipersiapkan adalah rem. Otomania.com yang turut berkendara dalam ajang Datsun Risers Expedition (DRE) 2 di Makassar, 20-23 Maret 2017 merasakan performa rem menjadi bagian penting saat berkendara konvoi.

“Pastikan kondisi rem harus sehat sebelum konvoi. Ini jadi yang terpenting karena akan digunakan untuk menghadapi beragam situasi selama konvoi menuju tempat tujuan,” ucap Rommy Radianto, road captain rombongan DRE 2 serta seorang instruktur keselamatan berkendara, saat ditemui, Senin (20/3/2017).

Rem yang bekerja dengan baik mampu memperlambat laju kendaraan di saat darurat. Terlebih saat berkendara beriringan yang memiliki potensi tabrakan beruntun.

Selain itu cara pengereman yang dianjurkan adalah dengan menekan perlahan pedal rem. Sangat tidak dianjurkan adalah menekan dengan kekuatan penuh.

“Ini harus dibiasakan. Menginjak pedal rem harus perlahan lalu dilepas lalu ditekan, sesuai kondisi. Injak dan lepas begitu berulang,” ucap Rommy.

Jika kebiasaan ini tidak dilatih, akan membahayakan pengemudi. Saat rem diinjak penuh pengemudi dapat kehilangan kendali mobilnya terutama saat darurat.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa