Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilihan Sokbreker saat Dana Terbatas

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 17 Maret 2017 | 15:25 WIB
Ilustrasi sokbreker sepeda motor aftermarket
Otomania/Setyo Adi
Ilustrasi sokbreker sepeda motor aftermarket

Jakarta, Otomania.com - Kondisi jalan di Indonesia yang beragam membuat komponen suspensi atau sokbreker pada sepeda motor bekerja lebih keras. Sokbreker kerap menjadi onderdil pertama yang cepat diganti.

Salah satu jalan keluar untuk mendapatkan sokbreker dengan harga terjangkau adalah melirik pedagang onderdil motor bekas. Konsumen dapat memilih onderdil copoton original atau aksesori aftermarket.

“Copotan original itu biasanya pemilik motor yang bosan dengan bawaan standar, membeli aftermarket lalu ditinggal. Kondisinya masih bagus, dijamin,” ucap Asep, salah satu pedagang onderdil bekas di jalan I Gusti Ngurah Ray, Cipinang Jakarta Timur saat ditemui Kamis, (16/3/2017).

Onderdil copotan ini berbeda kualitas dengan rekondisi. Sokbreker rekondisi adalah hasil perbaikan karena kerusakan seperti bocor atau olinya sudah encer.

“Biasanya yang copotan original bisa bertahan setahun lebih. Rekondisi karena sifatnya untuk sementara tidak tentu. Apalagi kalau dari cara berkendara sembrono bisa lebih cepat,” ucap Asep.

Bagi pemilik motor yang ingin membeli sokbreker bekas, ada beberapa hal yang perlu dilakuan. Pertama cek kondisi fisik, apakah ada bekas rembesan oli. Bila memutuskan untuk membeli rekondisi perhatikan pengerjaan perbaikan sokbreker tersebut.

“Lebih bagus dicoba dengan dipasang pada motor. Lihat saat ditekan apakah ada tendangan baliknya ke atas,” ucap Asep.

Untuk harga sokbreker bekas dibanderol mulai Rp 130.000 sampai Rp 200.000 tergantung kondisi. Sokbreker aksesori aftermarket bisa lebih mahal mulai Rp 200.000 ke atas tergantung merek.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa