Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Intip Honda Goldwing Pengawal Raja Salman

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 2 Maret 2017 | 10:49 WIB
Iring-iringan satuan pengamanan untuk menjaga rombongan Raja Salman ke Istana Bogor
Otomania/Setyo Adi
Iring-iringan satuan pengamanan untuk menjaga rombongan Raja Salman ke Istana Bogor

Jakarta, Otomania.com – Kehadiran Raja Saudi, Salman bin Abdulaziz al Saud ke Indonesia, membuat masyarakat menjadi lebih mengenal beragam kendaraan khusus untuk tamu negara.

Setelah sedan buas Mercedes-Benz Maybach S600 Pullman Guard, kini rasa penasaran beralih ke kendaraan yang digunakan satuan pengawalan.

Terlihat dalam iring-iringan Raja Salman menuju Istana Bogor, paling mendapat perhatian adalah motor besar yang digunakan pihak kepolisian untuk pengawalan. Dalam formasi V terdepan lima motor Honda Goldwing membuka jalan rombongan Raja Salman ke arah Bogor.

Honda Goldwing adalah seri motor turing milik Honda yang pertama kali dikenalkan pada tahun 1974. Ketika itu Honda menginginkan motor yang dapat digunakan untuk perjalanan jarak jauh dengan kenyamanan dan pengendalian yang mudah.

Motor ini menggunakan mesin 1.832 cc SOHC dua katup per silinder dengan teknologi PGM-FI. Motor ini mampu mencapai kecepatan lebih dari 200 kilometer per jam.

Recall Takata Airbag merambat ke roda dua.
Motorcycle.com
Recall Takata Airbag merambat ke roda dua.

Untuk motor besar, fitur kenyamanannya adalah yang paling lengkap. Ada fitur pengukur tekanan udara pada ban, windscreen yang dapat diatur, GPS untuk menunjukkan arah, XM Radio satelit untuk mengetahui prakiraan cuaca, pemanas pada grip dan jok, serta sistem pengereman ABS sebagai standar.

Paling unik adalah fitur air bag untuk keamanan. Sensor diletakkan di kedua suspensi depan. Gold Wing masih menjadi satu-satunya motor yang memiliki fitur ini.

Beragam fitur ini membuat tampilan kemudi Goldwing penuh dengan tombol-tombol. Paling menarik adalah layar untuk GPS di bagian tengah juga hadirnya speaker, sesuatu yang jarang dilihat pada sepeda motor.

Motor yang memiliki bobot hingga 400 kilogram ini dapat dipasangkan berbagai aksesori sesuai kebutuhan. 

Pihak Kepolisian Republik Indonesia sendiri tercatat pertama kali mendapatkan Goldwing pada 2005 untuk kebutuhan pengamanan Presiden, lalu menambah unit lagi di 2010 dan 2015.

Total ada 10 unit Goldwing yang dimiliki guna pengawalan RI 1, RI 2 dan tamu negara seperti Raja Salman.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa