Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Ringan dengan Perangkat "Stabilizer" Listrik Mobil

Setyo Adi Nugroho - Sabtu, 25 Februari 2017 | 12:02 WIB
Stabilizer kelistrikan kendaraan, Qmax
Otomania/Setyo Adi
Stabilizer kelistrikan kendaraan, Qmax

Jakarta, Otomania.com- Sistem kelistrikan merupakan perangkat penting pada mobil masa kini. Mobil saat ini mengandalkan perangkat Engine Control Unit (ECU) untuk mengatur kerja mesin melalui beragam macam sensor.

Namun pemilik jarang mengetahui, mobil yang bekerja normal membutuhkan asupan listrik yang baik. Tidak hanya dari perangkat aki yang sehat namun juga aliran listrik yang tanpa gangguan.

“Tanda-tanda gangguan kecil listrik misalnya lampu depan yang tanpa disadari meredup, atau proses pengapian mesin. Bila ada arus listrik yang tidak stabil tentu menggangu performa kendaraan,” ucap Dhanny dari Qmax Motorsport, saat ditemui di ajang AutoPro, Jumat, (24/2/2017).

Listrik bebas gangguan ini tidak hanya dibutuhkan untuk mesin tapi juga pada perangkat lain pada mobil. Saat ini ada alat khusus untuk memastikan aliran listrik yang dihasilkan tanpa gangguan atau stabilizer listrik untuk mobil.

Qmax, adalah alat untuk menstabilkan tegangan listrik untuk dipasok ke komponen kelistrikan. Penggunaan alat ini seperti modifikasi instan, diklaim mampu meningkatkan sekaligus menjaga asupan listrik pada komponen tetap terjaga.

Perangkat ini juga kerap digunakan pada kendaraan yang telah memodifikasi perangkat audionya. Modifikasi audio membutuhkan arus listrik yang stabil.

Qmax hadir dengan beragam model untuk berbagai jenis kendaraan, mulai untuk transmisi manual dan otomatik serta mesin dibawah 1.600 cc dan di atas 1.600 cc. Bagi yang ingin mencoba produk ini, banderol harga mulai Rp 2,5 juta.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa