Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menerka Asal-usul Nama Esemka Adia

Febri Ardani Saragih - Selasa, 14 Februari 2017 | 14:52 WIB
Esemka Rajawali.
Azwar Ferdian
Esemka Rajawali.

Jakarta, Otomania – Model pertama Esemka sudah diketahui berupa pikap bernama Adia. Sama seperti jalan cerita panjang Esemka, penamaan Adia juga bikin penasaran dari mana asalnya.

Saat ditemui di Jakarta, Minggu (14/2/2017), Managing Director Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) Hosea Sanjaya hanya mau mengungkap sedikit tentang update Esemka. Namun dia tidak menjelaskan soal asal-usul nama Adia.

Menurut beberapa website yang berkaitan dengan nama, Adia berasal dari bahasa Swahili di Afrika, biasanya diberikan untuk anak perempuan. Arti Adia yaitu hadiah atau bisa juga orang kaya.

Esemka Rajawali.
Azwar Ferdian
Esemka Rajawali.
Jika diperhatikan, nama Adia sebenarnya sudah sangat akrab dengan Esemka sejak lama. Namun, nama itu lebih sering terlihat sebagai bacaan bukan sebutan untuk nama kendaraan.

Buktinya, Adia ada di pelat nomor mobil dinas Joko Widodo saat menjabat Wali Kota Surakarta. Pelat nomor yang tertera pada Esemka Rajawali itu bertuliskan “AD 1 A” atau ketika dibaca menjadi Adia.

Pelat nomor itu sendiri artinya mobil yang digunakan oleh orang nomor satu di Surakarta.

Apapun asal-usulnya Adia, Esemka adalah bukti keinginan kuat Indonesia ingin punya kendaraan sendiri. Rencananya, Adia dengan pilihan mesin 1.0L dan 1.3L bakal diperkenalkan pertama kali pada Agustus 2017.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa