Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Catat Interval Ganti Oli Transmisi Matik yang Benar

Aditya Maulana - Senin, 13 Februari 2017 | 14:33 WIB
Mengganti oli bisa dilakukan sendiri.
tqn
Mengganti oli bisa dilakukan sendiri.

Jakarta, Otomania - Menggunakan mobil dengan transmisi otomatis memang mengasyikan, apalagi jika berkendara di jalanan Ibu Kota yang macet. Sebab, pengemudi tidak perlu menginjak pedal kopling ketika memindahkan gigi.

Namun perlu diingat, bahwa pemilik mobil harus mengganti oli transmisi. Jika tidak, akan bermasalah dan biaya perbaikannya lebih mahal ketimbang mobil bertransmisi manual.

Lantas, sebaiknya setiap berapa kilometer (km) untuk pergantian oli transmisi matik itu? Menurut Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division Astra Daihatsu Motor, sebaiknya  diganti setiap 80.000 km.

"Pergantian oli transmisi matik tidak sesering oli mesin. Cukup hanya setiap 80.000 km saja, itu sudah jauh lebih baik," kata Anjar kepada Otomania melalui pesan singkat belum lama ini.

Dijelaskan dia, jika sering telat mengganti maka pelumasan di dalam transmisi tidak dapat bekerja dengan optimal. Jangka panjangnya, mengalami kerusakan yang cukup parah.

"Transmisinya menjadi rusak, karena pelumasan di dalamnya tidak sempurna lagi," ujar dia.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa