Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bikin Tampilan Panel Instrumen Jadi Lebih Menarik

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 7 Februari 2017 | 16:42 WIB
Modifikasi speedometer pada mobil
Speedglow
Modifikasi speedometer pada mobil

Jakarta, Otomania – Pemilik mobil kerap memberi sentuhan berbeda pada bagian dalam kabin. Salah satunya bagian yang bisa mendapat ubahan adalah petunjuk panel instrumen (speedometer dan odometer) mobil.

Bagi pemilik mobil yang cepat bosan dengan tampilan bawaan panel instrumen, saat ini ada cara mudah untuk membuat tampilannya makin menarik. Konsumen bisa mencoba modifikasi indiglow speedometer.

“Ini seperti lempengan, ada mesinnya di belakang. Teknologi ini juga digunakan pada layar telepon genggam dan jam tangan digital,” ucap Wira dari bengkel Asia Jaya Motor SACS Speedglow, Pondok Gede saat ditemui Senin, (6/2/2017).

Menurut Wira, kelebihan teknologi indiglow adalah pecahayaannya yang rata di semua bagian petunjuk angka. Tidak seperti penggunaan lampu LED yang masih terdapat bagian gelap dan terang.

Modifikasi speedometer pada mobil
Otomania/Setyo Adi

Pemasangannya pun cukup mudah. Tidak perlu membongkar jarum panel meter yang memiliki resiko kerusakan, lembaran speedometer indiglow hanya tinggal dimasukkan melewati jarum dan dipaskan dengan bentuk speedometer bawaan.

Sistem pengoperasiannya pun tinggal mengikuti bawaan, misal menyala saat lampu kecil diaktifkan atau menyala setiap mesin mobil bekerja. 

“Ada yang sudah jadi, seperti model mobil Hybrid. Atau kalau mau desain sendiri juga bisa, waktu pembuatannya 10 sampai 14 hari. Proses pemasangan satu sampai dua jam,” ucap Wira.

Indiglow speedometer ini juga memiliki fungsi dimmer, dimana pemilik bisa mengatur intensitas cahaya. Warna lampu juga dapat diubah dengan inverter yakni warna putih dan juga kekuningan.

Produk Taiwan ini dibanderol mulai Rp 700 ribuan. Bagi pemilik motor yang ingin memodifikasi panel meter juga dapat diubah menjadi indiglow hanya saja saat ini modelnya masih terbatas.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa