Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ubahan Lengkap All New Yamaha R15

Setyo Adi Nugroho - Senin, 23 Januari 2017 | 16:51 WIB
All New Yamaha R15
Otomania/Setyo Adi
All New Yamaha R15

Sentul, Otomania – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah memperkenalkan wujud terbaru motor sport mereka dalam diri All New Yamaha R15 di Sirkuit Sentul, Senin (23/1/2017). Fakta yang paling menarik, motor terbaru ini hadir dengan tenaga 20 persen lebih besar ketimbang model terdahulu.

“Beberapa perubahan yang disematkan pada motor ini membuat perbedaan tenaga hingga 20 persen. Kami menyematkan beberapa fitur dan teknologi pada R15 terbaru ini,” ucap Dyonisius Betty, Executive Vice President PT YIMM dalam pengenalan di Sentul, Senin (23/1/2017).

Pada segi tampilan produk yang disebut “Baby R6” ini mengedepankan unsur Super Sport. Desainnya masih menggunakan delta box dan lengan ayun berbahan aluminium dengan desain terbaru. Kombinasi ini membuat distribusi berat motor menjadi 50:50 yang membuat pengendalian motor semakin mantap.

Dari desain kasat mata, fairing R15 terbaru lebih aerodinamis karena desainnya meruncing dan ramping. Bagian lampu depan dan belakang telah menggunakan LED yang kali ini dilengkapi dengan lampu hazard untuk keperluan disaat darurat.

Maverick Vinales coba R15 di Sentul
Otomania/Setyo Adi
Maverick Vinales coba R15 di Sentul

Teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang disematkan pada mesin R15 membuat pengendara mendapatkan torsi di putaran bawah dan atas lebih merata. Akibatnya, mesin dengan power maksimal 14,2 kW di putaran 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm di putaran 8.500 rpm menghasilkan tenaga lebih baik dan irit bahan bakar.

Teknologi Assist & Slipper Clutch membuat pengendara makin nyaman saat mengoperasikan kopling karena lebih ringan. Selain itu perpindahan gigi menjadi lebih halus dan akselerasinya lebih cepat.

Suspensi upside down dipadukan dengan ban tapak lebar dengan ukuran 100/80-17 di depan dan 140/70-17 di belakang membuat pengendaraan makin stabil dan tampilannya sporty. Motor ini dipasangkan dengan cakram depan berdiameter sebesar 282 mm.

Desain di bagian setang kemudi jadi semakn modern dengan penggunaan digital speedometer yang dilengkapi denagn shift timing light untuk memindahkan transmisi. Multi information display makin informatif dengan informasi jarak, gear posisition, bahkan nama pengendara.

Digital speedometer di Yamaha R15
Otomania/Setyo Adi
Digital speedometer di Yamaha R15

Berikut spesifikasi lengkap R15 terbaru

Dimensi PxLXT : 1990x725x1135 mm
Tinggi tempat duduk :815 mm
Wheelbase :1.325 mm
Berat : 137 kilogram
Mesin : Liquid Cooled 4 stroke, SOHC
Cylinder Volume : 155,1 cc
Cylinder Arrangement: Single cylinder
BorexStroke : 58x58,7 mm
Rasio Kompresi : 11,6 :1
Max Power : 14, 2 kW / 10.0000 rpm
Mar Torsi : 14,7 Nm /8.500 rpm
Starting system : Elektrik
Kapasitas tangki : 11 liter

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa