Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Solusi Hemat, Bangun Motor Trail Pakai Rangka Replika

Febri Ardani Saragih - Minggu, 15 Januari 2017 | 11:05 WIB

Jakarta, Otomania – Membangun modifikasi sepeda motor trail dari nol bisa jadi gampang-gampang susah. Maksudnya, gampang dapat ide tapi susah ketemu dananya. Maklum, kalau diikuti semua harga total komponen sampai jadi sesuai selera tinggi bisa bengkak puluhan bahkan ratusan juta rupiah

Bagaimana kalau paket hemat? Bisa saja. Misalnya, dimulai dari memilih rangka motor buatan pabrikan yang memang sudah dibuat untuk spesifikasi trail dengan presisi. Cara ini lebih baik ketimbang bayar tukang las buat potong dan sambung sana-sini rangka motor biasa yang kadang bikin risiko.

Alternatif lain, pakai rangka replika pabrikan. Walau bukan asli, tapi pembuatannya skala industri. Sekarang sudah bermunculan pedagangnya, salah satunya Dinasty Motor yang bisa ditemui di kawasan Jalan Kebon Jeruk II, Tamansari, Jakarta Barat.

Herman, penjaga toko yang ditemui Otomania, Sabtu (14/1/2017), menyarankan bangun motor trail pakai paket produk yang ditawarkan, replika KTM 85. Harganya bikin “kesemsem”, cuma Rp 3 juta. Itu sudah termasuk bodi, tangki bahan bakar, jok, plus rangka.  

Dikatakan Herman, buat dapur pacu bisa pakai mesin Kawasaki Ninja 150cc 2 tak atau Honda Tiger 225cc. Sementara itu kaki-kaki tinggal menyesuaikan, mau gaya grasstrack atau enduro.

“Rangka itu enggak ada mereknya,” kilah Herman saat ditanya merek apa. Dia hanya bilang buatan China. Walau begitu dikatakan soal kualitas terbilang bagus. “Lentur”, tiru Herman mengulang komentar konsumen yang pernah dia dengar.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa