Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Liburan Bikin Gas Sepeda Motor Lebih Enteng

Stanly Ravel - Senin, 26 Desember 2016 | 15:05 WIB

Jakarta, Otomania - Pemakaian sepeda motor dalam kurun waktu yang lama bisa membuat tarikan gas terasa berat. Apalagi bila sering terkena air hujan dan melewati jalan yang berdebu.

Bila sudah demikian, otomatis bisa membuat tangan terasa pegal ketika berkendara terlalu lama. Nah, mengisi waktu liburan panjang bisa dimanfaatkan untuk membuat gas terasa enteng lagi.

"Biasanya karena tali sudah kotor atau berkarat, otomatis saat ditarik akan seperti tertahan. Efeknya bisa membuat tangan pegal karena tarikan lebih berat, kalau dibiarkan lebih lama bisa bikin tali gas juga putus," ucap Slamet Pamuji dari Selta Motor di kawasan Condet, Jakarta Timur, saat dihubungi Otomania, Jumat (23/12/2016).

Untuk membuat gas kembali normal, menurut Slamet tidak terlalu susah. Cukup sediakan waktu satu jam dan beberapa peralatan, serta cairan pembersih karat atau penetran.

Langkah pertama, buka penutup gas yang biasanya menyatu dengan tombol starter di sebelah kanan. Setelah kelihatan pangkal grip tempat dudukan tali gas, tinggal disemprot dengan cairan anti karat.

"Kalau tidak ada penetran, bensin juga bisa untuk membersihkan. Karat menempel karena tali gas terbuat dari serat baja. Setelah di kasih bensin atau penetran, tinggal mainkan tali gas turun-naik sampai beberapa saat. Biasanya kalau kotor warna yang keluar akan keruh," kata Slamet.

Setelah memastikan lancar dan bersih, giliran lumasi dengan gemuk agar tali gas tidak mudah terkena karat dan dilanjutkan dengan kembali memasang penutup gas ke posisi awal.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa