Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ritual Wajib Saat Duduk di Balik Kemudi

Setyo Adi Nugroho - Senin, 12 Desember 2016 | 08:05 WIB


Jakarta, Otomania – Bagi pengemudi pemula, persiapan sebelum mengendarai kendaraan sama pentingnya dengan kesiapan kendaraan serta sikap berkendara di jalan raya. Berada di sisi pengemudi ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum mulai menjalankan mobil untuk berpergian.

“Persiapan sebelum berkendara, terutama untuk pengemudi pemula, jangan terburu-buru. Sesuaikan beberapa hal di bagian pengemudi untuk kenyamanan dan keselamatan selama perjalanan,” ucap Anondo Eko, instruktur keselamatan berkendara dari Michelin Safety Academy, kepada Otomania beberapa waktu lalu.

Hal yang harus dilakukan antara lain pengaturan jarak tempat duduk yang tepat. Lakukan dengan cara, injak pedal kopling (manual) atau rem (automatik) hingga posisi paling dalam. Lalu sesuaikan posisi kursi, maju atau mundur sampai terasa nyaman dan posisi lutut ditekuk.

Letakkan tangan pada bagian atas lingkar kemudi sebagai titik terjauh jangkauan tangan. Lalu atur sandaran tempat duduk dengan menarik tuas.

“Usahakan punggung, dari bawah hingga ke atas, menyentuh jok. Itu paling tepat. Jangan hanya sebagian,” ucap Eko.

Atur sandaran kepala setinggi kepala pengemudi atau sejajar telinga. Bila ada fungsi pengaturan kemudi tilt steering, usahakan tidak terlalu ke bawah dan tidak mengganggu pandangan ke instrumen dashboard.

“Terakhir atur kaca spion sesuai sudut pandang dan gunakan sabuk keselamatan. Lakukan langkah ini selalu setiap sebelum menjalankan kendaraan,” ucap Eko.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa