Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Avanza Murah dan Limo Bakal "Saling Makan"

Aditya Maulana - Kamis, 1 Desember 2016 | 12:53 WIB

Jakarta, Otomania - Toyota punya line up cukup banyak di segmen kendaraan komersial khususnya taksi. Model terbaru, yaitu Transmover atau bisa juga disebut sebagai versi murah dari Avanza.

Hadirnya Transmover menurut Toyota karena ada permintaan dari konsumen yang menginginkan alat transportasi dengan daya angkut lebih banyak dari sedan. Sebab, selama ini pasar taksi didomonasi jenis sedan.

Menurut Fransiscus Soerjopranoto, Executive GM Marketing Toyota Astra Motor (TAM), kanibalisme Limo dengan Transmover dipastikan ada. Besarnya berapa banyak, belum bisa dipastikan, tetapi yang jelas minimal 16 persen.

"Sebab peraturannya untuk LMPV taksi hanya boleh 16 persen, selebihnya sedan sejenis Limo. Jadi, yang sudah pasti 16 persen akan tergerus," kata pria yang akrab disapa Suryo di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (30/11/2016).

Suryo melanjutkan, pasar taksi MPV bisa membesar jika permintaan taksi sedan terus menyusut. Sebab, tidak bisa dipungkiri sekarang masyarakat dan pengusaha taksi lebih pilih yang daya angkutnya banyak.

"Kita sudah buktikan sejak 2012, Avanza di luar Jakarta, khususnya Yogyakarta sudah lebih dulu dijadikan taksi. Tetapi, untuk produksi, kita tetap memproduksi Limo berdasarkan pemesanan," ujar Suryo.

Secara harga, Limo dengan Transmover jelas berbeda. Sedan Limo banderolnya Rp 203 juta off the road, sedangkan Transmover di bawah Rp 150 juta off the road.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan taksi secara wholeasles periode Januari-September 2016 mencapai 2.386. Limo mendominasi pasar, di antara merek dan model lain.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa