Perhatikan Kondisi Rem Sepeda Motor

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 16 November 2016 | 10:35 WIB

Jakarta, Otomania – Salah satu fitur keamanan berkendara di musim hujan adalah perangkat pengereman. Rem yang berfungsi untuk mengurangi laju sepeda motor, harus dalam kondisi baik saat sepeda motor digunakan.

“Rem itu jadi perangkat yang kadang tidak mendapat perhatian dari pemilik sepeda motor padahal fungsinya penting. Mereka jarang melihat kondisi perangkat pengereman dari yang paling mudah, kampas rem,” ucap Ochid, Mekanik Yamaha Abadi Motor saat dihubungi Otomania beberapa waktu lalu.

Salah satu indikator kampas rem telah habis atau menipis adalah jarak antara kaliper rem dan piringan semakin dekat. Selain itu kerap terdengar suara gesekan antara kaliper dengan piringan cakram.

Indikator lain adalah tuas rem yang semakin keras. Ini terjadi akibat adanya udara yang masuk ke dalam perangkat oli rem akibat kampas rem yang menipis.

“Kalau di kampas Yamaha ada indikator keausan berupa titik kecil di ujung kampas. Jika ini sudah terkena gesekan artinya kampas harus segera di ganti,” ucap Ochid.

Usahakan selalu menggunakan komponen rekomendasi pabrikan atau sparepart asli dan hindari penggunaan komponen abal-abal. Meski dengan iming-iming biaya murah.

"Kualitasnya berbeda dan waktu penggunaannya bisa lebih singkat. Perangkat rem ini penting untuk keselamatan dan baiknya dipandang penting juga untuk pemilihan suku cadangnya yang terjamin," ucap Ochid.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa