Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Aman Motor Sport Terabas Banjir

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 1 November 2016 | 09:25 WIB

Jakarta, Otomania – Musim hujan mulai menemani perjalanan pengendara sepeda motor di beberapa wilayah di Indonesia. Cuaca hujan ini memang menjadikan perjalanan para biker cukup menantang terutama saat bertemu genangan air.

Sepeda motor sport jadi pilihan harian oleh para biker. Bagaimana bila bertemu dengan genangan air?

“Motor sport seperti 250 cc kebanyakan memiliki postur yang cukup tinggi sehingga tidak terlalu bermasalah dengan genangan air. Asalkan tinggi genangan air tidak melebihi knalpot atau filter udara, tidak masalah,” ucap Mahfud Bahar, kepala mekanik Kawasaki Pondok Bambu kepada Otomania beberapa waktu lalu.

Filter udara dan knalpot bila kemasukan air akan membuat mesin mati di tengah jalan, dan sulit dihidupkan. Untuk itu pengendara motor diharapkan mengetahui letak komponen yang rentan terhadap air dan mampu memperhitungkan ketinggian genangan air agar terhindar dari masalah.

Selain itu saat melewati genangan air, pengemudi jangan menahan tuas kopling di posisi setengah. Ini akan berakibat selip kopling dan merusak bagian kampas kopling.

“Lepas penuh tuas kopling, posisikan di gigi rendah untuk dapat menerabas air. Pastikan ketinggian mampu dilewati, jika tidak segera cari rute lain yang lebih aman,” ucap Mahfud.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa