Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Musim Hujan, Ingat Perawatan Sepeda Motor

Setyo Adi Nugroho - Minggu, 30 Oktober 2016 | 11:02 WIB

Jakarta, Otomania – Memasuki musim hujan, para pengendara sepeda motor dan mobil harus ekstra dalam memperhatikan kondisi kendaraannya.  Astra Motor Makassar  (AMM) ingin berbagi pengetahuan dasar untuk para pengendara motor dalam memasuki musim penghujan.

“Pemeriksaan mesin motor secara berkala dan rutin adalah hal utama yang harus dilakukan. Selain itu masalah saat musim penghujan pada motor seperti mesin sulit dinyalakan, tergelincir bahkan sampai mogok di tengah jalan,” ucap Iswandi, Kepala Bengkel AMM dalam keterangan resminya, Jumat (28/10/2016).

Pemeriksaan yang bisa dilakukan pemilik motor antara lain pengecekan ban. Cek apakah ban dalam kondisi tapak yang belum aus. Ini penting karena alur dan gelombang pada ban berfungsi agar motor tidak tergelincir saat melewati jalanan basah dan licin.

Pemeriksaan rem. Pengecekan kampas atau pun minyak rem perlu dilakukan. Fungsi utama rem adalah mengurangi kecepatan, kotoran dan debu rawan membuat rem tida menggigit dengan baik.

Busi, dan bearing roda juga tidak lepas dari pemeriksaan. Berkaitan dengan air kedua komponen ini rentan. Busi basah akan membuat mesin mati dan sulit dihidupkan. Bearing, rentan kotor dan akan merusak rantai bila tidak segera dibersihkan.

Kemudian, jangan memaksakan melewati genangan air yang cukup tinggi. Air rentan masuk ke dalam mesin dan membuat motor mogok di tengah jalan.

“Saya sangat menyarankan masyarakat untuk berhati – hati, lakukan cek berkala pada mesin, jangan sampai mogok di jalan saat hujan pula” ujar Iswandi. 

 

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa