Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Remehkan Kemampuan Motor Pedal Ini

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 11 Oktober 2016 | 12:45 WIB

Yogyakarta, Otomania - Ajang Kustomfest 2016 yang baru saja dihelat pada tanggal 8-9 Oktober lalu menjadi tempat unjuk karya bagi modifikator nasional. Heri Sutrimo, atau biasa dipanggil Heri Tato, menunjukkan karyanya berupa moped (motor pedal) yang dijejali mesin V-Twin.

Karya modifikator bengkel Oggrozz Custom, Banyumas, Jawa Tengah ini dari bentuk memang terlihat janggal namun menarik. Heri berusaha menuangkan ide membuat motor yang tidak biasa untuk ajang Kustomfest ini.

“Dari awal memang ingin membuat sosok hotrod yang belum pernah ada. Kebanyakan mesin motor sport dipasang pada rangka motor sport. Saya mau yang tidak biasa, mesin sport dipasang di moped. Apa yang tidak mungkin jadi mungkin,” ucap Heri saat ditemui Otomania di ajang Kustomfest 2016, JEC, Yogyakarta, Minggu (9/10/2016).

Guna mewujudkan idenya digunakanlah rangka moped buatan Jerman, Zundapp dengan mesin 47 cc. Ide gilanya diwujudkan dengan menggunakan mesin Honda Tiger GL 200 cc yang digabungkan menjadi V-Twin.

“Jadinya 400 cc. Mesin ini saya buat di bengkel sesama Banyumas, Phsyco Engine. Rangka Zundapp yang masih dipakai hanya rangka belakang saja,” ucap Heri.

Keseluruhan motor ini dibuat dengan tangan terampil seniman di bengkel Ogrozz. Bagian kaki-kaki menggunakan suspensi kustom, rem Nissin enam piston, knalpot kustom serta baluran cat glitter full kustom. Khusus ban depan menggunakan double coin 2,50 ring 18 inci. Ban belakang menggunakan Maxxis T135/90 ring 14.

Motor ini dikerjakan hanya dalam waktu sebulan. Heri memperkirakan motor ini telah menghabiskan dana sekitar Rp 31,5 juta yang terdiri dari mesin Rp 22 juta dan bodi Rp 9,5 juta.

Ide brilian Heri memodifikasi ini tidak sia-sia. Hasil karya bengkel Ogrozz ini akhirnya dinobatkan sebagai juara pertama pada kelas Honda The Battle of Dream Kustomfest 2016.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa