Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Datsun Klasik dengan Mesin Turbo

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 16 September 2016 | 16:59 WIB

Jakarta, Otomania — Bisa memiliki mobil klasik seperti Datsun bisa jadi idaman beberapa orang. Wahyu asal Jakarta, misalnya, sudah lama menyukai bentuk dan performa mobil klasik yang terkenal sebagai mobil balap dari Timur oleh orang Amerika itu.

Maka dari itu, ia berniat mencari Datsun klasik atau biasa disebut Datsun kotak untuk memuaskan keinginannya.

"Saya cari di situs jual beli online dan dapat Datsun 510 ini di Surabaya. Kondisinya cukup baik dan saya tebus Rp 30 juta untuk dikirim ke rumah," ucap Wahyu saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Menurut Wahyu, dia tidak mementingkan kondisi mesin mobil klasik ini karena cukup sulit mendapatkan yang masih orisinal. Ia mementingkan kondisi bodi dan juga dasbor agar tetap orisinal.

Khusus mesin, Wahyu sudah punya rencana sendiri. Ia mengganti mesin bawan Datsun miliknya dengan mesin SR20 DET 2000 cc DOHC turbo yang digunakan di Nissan Silvia.

Supaya ubahannya mesin ini maksimal dan bekerja dengan baik, ada beberapa penyesuaian dilakukan.

"Paling susah pipeing untuk ruang pembakaran dan turbonya. Ada beberapa penyesuaian agar dapat bekerja dengan baik. Biar rapi, kabel-kabel di mesin juga didesain tidak terlihat, layaknya mobil baru," ucap Wahyu yang memiliki nama panggilan Wahyu Cimoh ini.

Ubahan di beberapa bagian dilakukan. Pada bagian kaki-kaki agar bekerja sempurna, suku cadang dari Ford Escort digunakan. Gardan menggunakan Subaru dan sistem pengereman sudah diubah menggunakan Mitsubishi Evo 5.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa