Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pertamax Turbo Mulai Gampang Ditemui

Azwar Ferdian - Jumat, 9 September 2016 | 18:45 WIB

Jakarta, Otomania — Sejak mulai diperkenalkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, produk baru PT Pertamina (Persero) berupa bensin jenis Pertamax Turbo mulai beredar dan makin gampang ditemui.

Saat ini, bensin dengan RON 98 yang diproyeksikan sebagai pengganti Pertamax Plus (RON 95) itu diklaim sudah hadir di 134 SPBU Pertamina di Jabodetabek. Persebaran bensin jenis ini akan dilakukan bertahap, sama persis dengan proses untuk memperluas jangkauan Pertalite.

Kehadiran Pertamax Turbo yang masuk dalam kategori keluarga besar Pertamax Series ini merupakan bagian inovasi yang terus dilakukan Pertamina untuk memberikan bahan bakar dengan kualitas prima.

Menurut Yanuar Budi Hartanto, Manager Commercial Retail Fuel Marketing (CRFM) Pertamina, dalam siaran resmi, Jumat (9/9/2016), hadirnya varian baru ini dipicu oleh perkembangan teknologi mesin kendaraan yang semakin canggih, misalnya mesin dengan supercharger, turbocharger, atau gasoline direct injection.

"Teknologi-teknologi itu yang menjadikan tekanan kompresi mesin semakin tinggi. Artinya, kebutuhan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi makin naik serta upaya untuk mengurangi emisi gas buang menjadi lebih baik," ujar Yanuar.

Secara kasatmata, bensin ini berwarna likuid merah serta dilengkapi ignition boost formula (IBF), yang didesain untuk mesin dengan kompresi minimum 12:1. Pertamina mengklaim, Pertamax Turbo juga cocok untuk kendaraan dengan perbandingan kompresi lebih dari 12.

Saat ini, Pertamina menetapkan harga jual Pertamax Turbo Rp 8.700 per liter untuk wilayah Jabodetabek. Jika penasaran ingin tahu SPBU mana yang menjual Pertamax Turbo, pelanggan dapat melihat tanda khusus Pertamax Turbo di Totem SPBU.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa