Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Oli Mesin Mobil Kurang, Bisa Ditambahkan

Aditya Maulana - Jumat, 2 September 2016 | 10:25 WIB

Jakarta, Otomania - Mengecek oli mesin pada mobil caranya bisa menggunakan dipstick. Nantinya, bisa diketahui dimana level pelumasnya berada, jika di paling atas artinya kebanyakan, di tengah normal, dan di ujung bawah kekurangan.

Lantas, bagaimana jika ternyata oli tersebut berada di titik paling bawah alias kurang? Pemilik mobil bisa menambahkannya dengan pelumas yang sama seperti di dalam mesin.

Mengutip buku pedoman pemilik Toyota, langkah pertama melepas tutup pengisi oli dengan memutarnya ke arah berlawanan dengan jarum jam. Setelah itu tambahkan oli secara perlahan, kemudian periksa lagi menggunakan dipstick.

Jika hasilnya masih kurang, maka kembali ditambahkan sampai benar-benar volumenya berada di batas normal. Lalu, setelah semuanya selesai maka pasang kembali tutup pengisi oli dengan memutarnya searah jarum jam.

Pada umumnya, tempat pengecekan oli mesin berada di bagian kiri kap mesin, jika dilihat dari depan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa