Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

"Air Circulator" Daihatsu Sigra Teknologi Pertama di Dunia

Stanly Ravel - Rabu, 17 Agustus 2016 | 12:05 WIB

Sentul, Otomania - Bermain di kelas moibl murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) Daihatsu Sigra memiliki beberapa fitur unik. Salah satunya adalah air circulator yang berguna sebagai pendingin udara di baris kedua dan ketiga.

Fitur ini dirancang khusus untuk duet Sigra dan Calya, bahkan Amelia Tjandra selaku Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatkan bahwa air circulator merupakan fitur terbaru di dunia yang baru digunakan untuk MPV LCGC tersebut.

"Kita pakai air circulator yang fungsinya sama saperti AC double blower. Udara kabin tetap dingin, fitur ini adalah yang pertama di dunia, kita (Daihatsu) yang pakai," ucap Amel dalam sesi media tes drive Sigra di Sentul, Jawa Barat, Selasa (16/8/2016).

Menurutnya dengan fitur ini Daihatsu bisa menciptakan mobil yang tetap nyaman dengan harga yang lebih terjangkau. "Kalau kita pakai double blower sudah pasti harganya tidak akan kompetitif. Harga mobilnya akan lebih mahal dan tidak terjangkau," kata Amel.

Bicara soal fungsi, air circulator sama dengan AC double blower untuk mendinginkan kabin. Namun, cara kerja air circulator adalah menghisap saluran udara pada baris pertama melalui kipas untuk disalurkan ke kabin belakang dari ventilasi pada atap kabin.


Sebenarnya banyak keuntungan lain yang didapat dengan menggunakan fitur ini. Contohnya tidak memakan banyak ruang sehingga membuat sektor head room terkesan sempit.

Meddy Hamdhani, Planning Division R&D Astra Honda Motor (ADM) mengatakan kipas yang digunakan pada air circulator bekerja seperti sistem penghisap udara yang tidak berpengaruh pada sisi performa mesin.

"Beda dengan AC, untuk kipas air circulator bekerja sendiri dari aliran listrik seperti saat menyalakan audio saja, tidak sama sekali berpengaruh pada performa mesin seperti AC," ucap Meddy kepada Otomania di waktu yang sama.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa