Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Live GP Hungaria, Adu Strategi Ban di Awal Balapan

Setyo Adi Nugroho - Minggu, 24 Juli 2016 | 20:00 WIB

Budapest, Otomania – Gelaran GP Hungaria, Minggu ( 24/7/2016), dimulai dengan dukungan cuaca terik. Hujan yang mengguyur di sesi latihan dan kualifikasi Jumat kemarin tidak nampak saat balapan sehingga membuat para pebalap menggunakan strategi ban Super Soft, Soft dan Medium.

Balapan dimulai dengan perebutan tempat pertama antara pebalap Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, serta pebalap Red Bull Daniel Ricciardo.

Pascal Wehrlein, rekan Rio Haryanto dari tim Manor melonjak ke posisi 17 setelah melakukan start dari posisi 20.

Rio sendiri bukan tanpa perlawanan. Pada lap kelima ia berada di posisi 20 berada di depan pebalap Sauber, Marcus Ericcson dan pebalap Mclaren Honda, Jenson Button.

Button mengalami masalah pada sistem pengereman sehingga membuatnya harus memperlambat laju mobilnya serta melakukan pit stop.

Button juga mendapat hukuman karena melakukan komunikasi dengan tim saat dirinya terkena masalah di tengah balapan.

Peraturan FIA tidak memperbolehkan bentuk komunikasi apapun mengenai masalah mobil selama balapan. Button diharuskan menjalani hukuman drive through dan membuatnya tetap di posisi terakhir.

Posisi terdepan hingga lap ke 35 masih ditempati dua pebalap Mercedes, Hamilton dan Rosberg yang berusaha mempertahankan dominasi mereka di GP Hungaria.

Dua pebalap Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen yang berada di posisi empat dan lima juga berusaha mengejar ketertinggalan mereka dan terus mengganggu duo pebalap Red Bull.

Rio sejak awal balapan hingga lap ke 20 belum memasuki pit stop untuk mengganti ban. Hal berbeda dilakukan Pascal yang sudah mengganti ban sejak lap ke 9. Pada lap ke 28, Rio berada di posisi 17 sedangkan Pascal di posisi 19.

Akhirnya pada lap ke 29, Rio memasuki pit untuk mengganti ban. Rio memilih ban Medium untuk mengganti ban Soft yang digunakan hampir separuh balapan.

Akibat penggantian ini posisi Rio turun ke posisi 22 sedangkan Pascal naik menjadi posisi 18.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa