Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengapa Lampu Utama Mobil Berembun?

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 22 Juli 2016 | 09:02 WIB

Jakarta, Otomania – Lampu utama atau headlamp mobil merupakan komponen utama pada kendaraan. Selain sebagai "mata" pusat cahaya ketika malam juga saat berkendara pada cuaca hujan. Lampu utama biasanya dinyalakan untuk membantu penerangan sekaligus indentitas bagi pengemudi lain di jalan saat kondisi hujan deras.

Namun pemilik mobil kerap dipusingkan dengan satu masalah yang timbul pada lampu utama, yakni berembun.

“Kadang tidak disadari, lampu utama bagian kacanya terdapat titik air dan berembun. Jika tidak segera diatasi kondisi ini merugikan karena mengurangi cahaya. Lebih lanjut bisa berakibat korsleting,” kata Yayan, service advisor bengkel MSD Raden Inten saat ditemui Otomania, Rabu (20/7/2016).

Permasalahan embun ini bisa terjadi akibat beberapa hal. Salah satunya adalah bohlam lampu yang memiliki daya tidak sesuai dengan pabrikan. Daya yang berlebih membuat panas berlebih pada rumah lampu membuat perbedaan suhu yang signifikan antara bagian dalam dan luar lampu, sehingga memicu embun muncul.

“Maunya ingin terang tapi ternyata malah berisiko membuat masalah pada lampu utama,” ucap Yayan.

Selain itu kondisi berembun berasal dari kondisi lampu utama yang bermasalah terutama pada sil karet yang sudah rusak atau berumur. Kaca atau mika berembun bisa jadi indikator sil karet pelindung air sudah tidak berfungsi dengan baik melindungi bagian dalam lampu.

Selain itu, ada juga faktor kebersihan di bagian depan lampu utama yang jarang diperhatikan. Embun muncul akibat adanya kotoran menempel di bagian depan lampu utama. Oleh karena itu kebersihan dan perawatan harus dilakukan berkala agar kaca lampu tidak berembun.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa