Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Efek Buruk Gunakan Pengharum Kabin Mobil

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 14 Juli 2016 | 15:13 WIB

Jakarta, Otomania – Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan pemilik mobil adalah menggunakan pengharum kabin. Penggunaan pengharum ini biasanya untuk menghilangkan bau-bau tidak sedap atau keinginan pemilik yang ingin kabinnya memiliki harum tertentu.

Namun, penggunaan berlebihan peharum kabin ini ternyata bisa mempengaruhi kinerja pendingin udara atau air conditioner (AC). AC mobil menjadi tidak dingin dan menimbulkan bau tidak sedap.

“Sering konsumen datang dan berkeluh AC tidak dingin. Setelah ditanya, konsumen tersebut suka menggunakan pengharum ruangan secara berlebihan. Ini yang buat AC akhirnya jadi tidak dingin,” ucap Sutikno, kepala operasional bengkel Denso Jatiwaringin saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Menurut Sutikno, pengharum ruangan yang mengandung bahan kimia akan terhisap bersama udara kabin menuju evaporator. Bahan tersebut mengandung minyak yang tertinggal di jalur udara yang kemudian jadi tempat hingga kotoran.

Waktu berlalu, endapan tersebut semakin tebal dan membuat tempat tinggal kuman dan jamur. Ini yang akhirnya menyebabkan AC tidak dingin juga jadi berbau.

“Proses di evaporator hanya berputar saja sehingga zat yang ikut terisap tertinggal di dalam. Ini yang buat AC tidak dingin dan jadi bau,” ucap Sutikno.

Oleh karena itu disarankan agar pemilik mobil tidak menggunakan bahan pewangi berlebihan. Cukup gunakan pewangi kabin kendaraan sesekali, atau pergunakan bahan-bahan alami seperti biji kopi yang biasa digunakan untuk menetralkan bau.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa