Usai Mudik Jangan Lupa Selaraskan Sudut Roda

Stanly Ravel - Selasa, 12 Juli 2016 | 15:01 WIB

Jakarta, Otomania - Kaki-kaki merupakan salah satu unsur kenyamanan dalam berkendara. Usai menempuh perjalanan mudik dengan medan yang berat bisa membuat sudut kaki-kaki menjadi berubah, bila tidak di spooring dan balancing bisa membuat handling menjadi berkurang.

Menurut Ahmad Nuril selaku Technical Service Bridgestone, berubahnya keselarasan ban bisa disebabkan banyak hal. Selain karena melewati jalan berlubang, bisa juga diakibatkan membawa beban yang berlebih dalam jarak tempuh yang panjang dan memakan waktu lama.

"Bila rute saat mudik banyak menghajar lubang dan bawa beban berat, baiknya sampai di Jakarta melakukan proses balancing untuk meyelarasakan lagi putaran roda. Biasanya bila sudut kaki sudah bergeser, bikin handling saat berkendara berkurang," ucap Ahmad, Sabtu (25/6/2016).

Selain handling, umumnya mobil saat digeber pada kecepatan tertentu di lintasan lurus akan terasa bergetar. Parahnya lagi membuat kemudi menarik ke salah satu arah, sehingga saat jalan lurus mobil tidak bisa stabil.


"Secara ukuran memang tidak pasti yah kapan harus di balancing, tapi baiknya dipastikan agar berkendara kembali nyaman. Sudut kaki-kaki yang mengalami pergeseran bila dibiarkan juga bikin permukaan ban tidak maksimal menapak, akibatnya ban cepat aus," kata Ahmad.


Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa