Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Air "Wiper" Berpotensi Sebabkan Radang Paru-paru?

Aris F Harvenda - Kamis, 7 Juli 2016 | 11:09 WIB

New York, Otomania – American Society for Microbiology punya catatan khusus perihal cairan di tangki penyimpanan air penyapu kaca (wiper). Hasil penelitian menyebutkan, air wiper berpotensi sebagai tempat berkembang biak bakteri Legionella. Bakteri itu disinyalir sebagai penyebab radang paru-paru akut, atau yang disebut Legionnaires’ disease.

Usai pengujian di salah satu bus sekolah di Arizona, ternyata menemukan titik cerah dan hasilnya positif untuk bakteri. Proses terjadi saat cairan yang terkontaminasi itu disemprotkan keluar dan terkena langsung dengan manusia.

“Cairan itu menciptakan sumber berbahaya yang mengancam. Di dalam tangki penyimpanan, cairan menjadi panas kemudian orang-orang bisa tereksploitasi dengan itu. Deskripsi penelitian ini membantu mendemonstrasikan bukti epidemiologi (ilmu penyakit menular), yang berhubungan dengan otomotif, dan Legionnaires’ disease dari data mikrobiologi yang masih hidup,” ungkap Otto Schwake, salah satu kepala penelitian Ph.D mikrobiologi, dari Arizona State University, seperti dilansir Automotive News, beberapa waktu lalu.  

Legionella kerap ditemukan di lingkungan sekitar, terutama di air. Biasanya berkembang biak di bak penyimpanan air panas rumahan atau pendingin udara. Penularannya lewat kabut atau uap, bukan menular dari orang ke orang.

Disebarkan lewat udara kemudian tetesan mikro air terhirup manusia. Penyebaran biasanya melibatkan AC ruangan atau kamar mandi umum. Wabah penyakit ini ditemukan pertama kali di Philadelphia pada 1976.

Paling rentan terkena menurut Schwake yakni orang tua, perokok, orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah. “Saya percaya penelitian yang mengungkap hubungan bakteri Legionella dengan otomotif bisa sangat berguna,” ujarnya.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa