Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Efektifkah Matikan AC Agar Irit BBM?

Aditya Maulana - Selasa, 5 Juli 2016 | 10:54 WIB

Brebes, Otomania -  Ruas Tol Pejagan – Brebes Timur menjadi sorotan pada musim mudik tahun ini. Bagimana tidak, tol yang digadang-gadang akan memangkas waktu tempuh dari Jakarta menuju Jawa Tengah itu kini justru menghambat laju para pemudik yang melintas.

Alhasil, banyak pemudik kehabisan bahan bakar minyak (BBM), dan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak (SPBU) pun terjadi antrean panjang. Guna mengantisipasi atau mengirit penggunaan BBM, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya mematikan air conditioner (AC).

Menurut Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division ADM, beban mesin menjadi berkurang ketika AC dimatikan. Namun persentasenya tidak signifikan, apalagi dalam kondisi jalanan macet.

“Namun untuk membantu menghemat BBM memang benar bisa,” kata Anjar saat dihubungi Otomania, Selasa (5/7/2016).

Anjar melanjutkan, hal lain yang bisa dilakukan pengendara, yakni mengatur akselerasi secara perlahan, memanfaatkan engine brake untuk memperlambat laju, dan kalau dalam kondisi jalan lancar usahakan berkendara di RPM rendah, yaitu 2.000-2.500, atau bisa juga berkendara di belakang bus atau mobil besar lainnya.

"Bisa mengurangi hambatan angin terhadap mobil kita. Kalau macet orang cenderung agresif untuk berebutan jalan, karena takut diserobot, ini juga bisa bikin boros BBM, jadi disarankan kalau macet tetap stabil dan nikmati perjalanan saja," ujar Anjar.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa