Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

(Live GP Austria) Duo Manor Tercecer di Belakang

Azwar Ferdian - Minggu, 3 Juli 2016 | 19:54 WIB

Speilberg, Otomania - GP Austria di Red Bull Ring, dimulai Minggu (3/7/2016). Start berjalan mulus, Lewis Hamilton langsung merangsek ke posisi terdepan. Pebalap Force India Mercedes, Nico Hulkenberg, mendapat keuntungan dengan menggantikan posisi Nico Rosberg di posisi dua, setelah Rosberg terkena penalti.

Pebalap veteran Jenson Button yang membela McLaren-Honda, juga mendapat keuntungan dengan naik dua posisi ke grid ketiga, menyusul hukuman penalti grid buat pebalap Ferrari, Sebastian Vettel.

Hamilton melakukan start yang sempurna, sementara Hulkenberg tercecer ke posisi lima. Button sempat mengikuti jejak Hamilton diikuti oleh Kimi Raikkonen di posisi tiga. Tak butuh waktu lama, Raikkonen langsung menyalip Button.

Pebalap Toro Rosso, Daniil Kvyat, yang start dari pit stop karena mengganti girboks, harus terlempar ke gravel di lap ke tiga.
 
Sedangkan pebalap Manor Racing, Pascal Wehrlein, mampu bersaing di papan tengah. Sayang, Wehrlein memutuskan masuk pit pada lap 14 dan mengganti bannya menggunakan ban ultra soft. Sementara itu, pebalap Indonesia Rio Haryanto, masih berkutat di belakang.

Hamilton harus merelakan posisi terdepan karena memutuskan masuk pit di lap 22. Sempat ada kendala saat pemasangan ban belakang sebelah kanan hingga membuatnya kehilangan waktu. Pimpinan balapan diambil alih oleh Rosberg.

Pascal sempat terlihat melakukan protes melalui radio komunikasi pada lap 24. Pascal terlibat pertarungan dengan pebalap Renault, Kevin Magnussen. Hanya saja, posisi Pascal dihalangi oleh Magnussen dengan mengubah arah mobilnya. Race control langsung melakukan investugasi atas kejadian uu,

Lap 25. Rio Haryanto berada di posisi 15 memanfaatkan beberapa pebalap yang masuk pit untuk melakukan pergantian ban. Sementara Pascal Wehrlein ada di posisi 19.

Sebastian Vettel harus keluar dari balapan di lap 27. Pebalap asal Jerman ini memaksakan kondisi bannya yang sudah sangat rusak. Hasilnya, ban kanan belakang Vettel meledak hingga kehilangan kendali dan menabrak dinding pembatas.


Tercatat ada tiga pebalap yang belum melakukan pergantian ban sampai lap 27, yakni Vettel, Felipe Massa dan juga Rio Haryanto. Usai insiden yang dialami Vettel tersebut, Rio dan Massa langsung masuk pit buat mengganti ban.


Safety car pun masuk ke lintasan buat memastikan kondisi trek dibersihkan dan aman dari sisa-sisa serpihan ban mobil Vettel.

Lap 32 balapan kembali dimulai dan urutan kembali berubah. Duo Manor, Rio dan Pascal ada di posisi 19 dan 20. Sedangkan posisi terdepan masih dikuasai duet Mercedes, Rosberg dan Hamilton.

Upaya protes Pascal membuahkan hasil. Magnussen mendapat penalti lima detik setelah race director menemukan adanya kesalahan dengan mengubah arah mobil lebih dari sekali saat menutup upaya Pascal buat menyalip.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa