Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Hadapi Pecah Ban di Tol

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 29 Juni 2016 | 16:09 WIB

Surabaya, Otomania – Beberapa ruas tol baru di pulau Jawa telah difungsikan untuk menghadapi arus mudik beberapa hari ke depan. Salah satu kejadian darurat yang mungkin saja terjadi adalah pecah ban saat kendaraan melaju di jalan tol.

Bagi pengemudi yang mengalami peristiwa ini di jalan tol, ada beberapa tindakan yang harus dilakukan agar keadaan tidak semakin parah.

“Paling penting jangan panik. Memang saat pertama mendengar ban meletus biasanya akan kaget lalu mobil terasa oleng, tapi segera kuasai keadaan, jangan panik,” kata  Akhir Anarkhimurni, Senior Tester R&D PT Gajah Tunggal Tbk saat dihubungi Otomania beberapa waktu lalu.

Langkah selanjutnya, jangan menginjak rem untuk mengurangi laju kendaraan. Cukup lepaskan gas secara perlahan dan jangan mendadak. Tujuannya adalah untuk mengurangi kecepatan sedikit demi sedikit, jangan tiba-tiba karena ada satu ban yang tidak berfungsi maksimal.

Bagi pengemudi, tetap genggam roda kemudi dan pertahankan arah mobil tetap di garis lurus. Jangan lupa cek sekeliling kendaraan, perhatikan kondisi lalu lintas sekitar, dan mulai menyalakan lampu sein kiri untuk memberi tahu pengendara lain mobil bergerak menepi.

Setelah kecepatan kendaraan berangsur melambat, lakukan pengereman sembari tetap mengarahkan kendaraan kearah kiri. Saat kendaraan berhenti, jangan lupa nyalakan hazard untuk menandakan kendaraan sedang mengalami masalah.

“Untuk menghindari pecah ban pastinya lakukan pengecekan kondisi ban serta tekanan udara sebelum melakukan mudik. Patuhi aturan kecepatan selama di jalan tol untuk menghindari keadaan yang tidak diinginkan,” ucap Akhir

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa