Rawat Cat Kendaraan dengan Motode Ceramic Coating

Setyo Adi Nugroho - Senin, 23 Mei 2016 | 17:09 WIB

Jakarta, Otomania – Bagi pemilik kendaraan yang mementingkan tampilan kendaraan bersih mengkilap pasti menyukai beragam bentuk perawatan kendaraan seperti cuci mobil maupun poles kendaraan dengan wax.

Belakangan ini muncul satu jenis perawatan kendaraan dengan nama ceramic coating. Apa itu ceramic coating dan apa bedanya dengan perawatan mobil biasa?

Rasyid Rida, owner Groomine Auto Spa, Duren Sawit Jakarta Timur mengungkapkan ceramic coating adalah jenis perawatan mobil yang menciptakan sejenis lapisan (coating) untuk melindungi dan membuat warna cat kendaraan tampil bersinar dalam kurun waktu lebih lama hingga 1 tahun atau 3 tahun dibandingkan dengan perawatan wax biasa.

“Ceramic coating itu perlindungannya lebih lama karena ada lapisan nano yang melindungi lapisan cat. Hasilnya kendaraan terlihat berkilau, terlihat basah, dengan kurun waktu yang lebih lama ketimbang perawatan wax biasa yang hanya bertahan dalam hitungan minggu atau bulan,” ucap Rasyid saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Untuk prosesnya, ceramic coating hampir sama seperti poles biasa. Bedanya ada pada tahap akhir dimana finishing tidak menggunakan wax tapi bahan pelindung nano ceramic.

Sebelum memulai proses ceramic coating, baret-baret halus pada kendaraan halus dihilangkan terlebih dahulu. Juga kondisi kendaraan harus benar-benar bersih dari kotoran, kerak, dan karat. Ini untuk menjamin lapisan menutupi seluruh bagian kendaraan dengan baik.

“Prosesnya bertahap. Mobil dibersihkan terlebih dahulu, detailing, menghilangkan kerak, baret swirl serta jamur di bodi. Kita keluarkan lagi warna kendaraan dengan multi stage paint correction, baru setelah itu nano coating. Jika baret dan kotoran belum dibersihkan sebelum coating, nanti akan sangat sulit dihilangkan setelah proses coating,” ucap Rasyid.

Pada saat proses aplikasi ceramic coating, ruangan harus bersih dari debu dengan suhu udara  sekitar 21 hingga 23 derajat Celcius. Setelah cairan nano ceramic diaplikasikan ke atas cat kendaraan, harus dikeringkan menggunakan sinar inframerah agar lapisan bekerja sempurna. Proses aplikasi ceramic coating membutuhkan waktu 3 hingga 4 hari tergantung kondisi cat kendaraan.

Pilihan jangka waktu perlindungan ceramic coating adalah 1 tahun dan 3 tahun. Untuk harga ceramic coating dengan jangka waktu 3 tahun dibanderol Rp 4,5 juta dan jangka waktu 1 tahun Rp 2,5 juta untuk tipe kendaraan city car. 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa