Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Yang Bikin Kaca Headlamp Buram

Setyo Adi Nugroho - Sabtu, 14 Mei 2016 | 12:32 WIB

Jakarta, Otomania – Bagian lampu utama (headlamp) pada kendaraan memiliki peranan penting untuk penerangan kendaraan saat malam hari. Namun seiring penggunaan, headlamp sering berubah buram atau menguning pada kacanya. Perubahan ini tentu menyebabkan headlamp tidak bekerja maksimal dan terang lampu menjadi berkurang.

“Kaca lampu depan yang buram itu banyak faktor penyebabnya. Kebanyakan bukan karena usia namun karena faktor luar seperti paparan sinar matahari serta perawatan yang jarang dilakukan,” ucap Puji, mekanik Duta Mas Fatmawati kepada Otomana, belum lama ini.

Salah satu yang menyebabkan kaca headlamp buram adalah paparan sinar UV matahari terus menerus. Terutama saat posisi parkir kendaraan jarang di lokasi teduh dan jauh dari sinar matahari.

Kemudian ubahan pada bohlam lampu juga dapat menyebabkan kaca headlamp lebih cepat berubah warna. Biasanya terjadi saat mengubah bohlam lampu tidak sesuai spesifikasi pabrikan dengan daya yang lebih besar. Akibatnya panas yang ditimbulkan menyebabkan perubahan warna pada kaca headlamp.

Kondisi hujan juga jadi salah satu penyebab. Air hujan dan kotoran dapat membuat headlamp mengalami goresan sehingga partikel kotoran bisa masuk ke dalam serat kaca dan menyebabkan kaca buram.

Hal ini diperparah dengan pemilik kendaraan yang tidak segera mencuci kendaraan. Kotoran yang dibiarkan terlalu lama akan sulit menghilangkannya.

Oleh sebab itu, untuk menghindari kaca headlamp buram ada baiknya hindari terpapar sinar matahari terlalu lama terutama saat parkir. Usahakan agar tidak mengubah bohlam headlamp dan segera cuci kendaraan setelah digunakan sehabis hujan.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa