Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mesin Mobil Perlu Diajak Ngebut

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 3 Mei 2016 | 10:13 WIB

Jakarta, Otomania – Memacu kendaraan roda empat dengan kencang sesekali ternyata memiliki efek positif pada mesin kendaraan. Mesin yang digunakan setiap hari dalam kondisi jalan macet ternyata juga memerlukan saat-saat untuk berlari kencang agar kondisi mesin tetap prima.

Hal ini disampaikan oleh Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor saat ditemui Otomania dalam acara Kumpul Komunitas Otomania (KKO) beberapa waktu lalu. Menurutnya membawa kendaraan dengan putaran mesin cukup tinggi sesekali itu bagus untuk menjaga kinerja dan perawatan komponen mesin.

“Bawa kendaraan sedikit ngebut itu baik untuk kesehatan mobil. Saat berkendara di jalan tol dan melihat keadaan cukup aman, bawa kendaraan sedikit kencang. Sesekali mesin mencapai rpm tinggi membuat kondisi mesin dan injector bersih dari kotoran,” ucap Iwan.

Iwan menambahkan, permasalahan mesin brebet yang biasanya hadir di mobil-mobil mewah itu karena mesin jarang digunakan serta  jarang mencapai rpm tinggi. Ini membuat kotoran menumpuk di sistem pembakaran.

Solusinya tidak harus sampai mengeluarkan dana mahal untuk tune-up mesin. Mesin mobil cukup digeber pada putaran tinggi hingga gejala brebet hilang dengan sendirinya.

"Solusinya gampang. Tidak perlu yang namanya Italian Tune Up yang sering ditawarkan pada mobil mewah berharga mahal. Cukup geber mesinnya di putaran tinggi hingga brebet hilang," ujar Iwan.

Mesin kendaraan memang diciptakan untuk bekerja sehingga saat tidak digunakan akan membuat komponen mesin bermasalah . Mobil yang disimpan dan jarang digunakan tidak berarti kondisinya lebih baik dari mobil yang sering digunakan.

“Jadi kalau ada iklan jual mobil yang bilang jarang dipakai jangan mudah tergiur. Sebaiknya malah kita perlu waspada dengan kondisi kesehatan mesin tersebut,” ucap Iwan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa