Pertamina dan Lamborghini Rancang Pertamax Turbo

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 14 April 2016 | 18:56 WIB

Jakarta, Otomania -  PT Pertamina (Persero) saat ini bersama tim Lamborghini sedang mengembangkan bahan bakar baru dari keluarga Pertamax yang akan mengandung nilai RON 98. Bahan bakar yang disebut sebagai Pertamax Turbo ini rencananya akan diluncurkan di Indonesia semester kedua mendatang.

Hal ini disampaikan Afandi, Vice Presiden Retail Fuel Marketing Pertamina di sela-sela peluncuran program Pertamax Motorsport, di Epicentrum, Kamis (14/4/2016).

“Pengembangan saat ini masih dilakukan. Pertamina Turbo diperkirakan akan hadir tahun ini di semester dua,” ujar Afandi.

Afandi menambahkan rencana ini masih akan dikaji dan cepat tidaknya tersedia di pasaran tergantung pada administrasi dan kesiapan infrastruktur yang ada.

Pertamina telah mengirimkan Pertamax Turbo ke pabrik Lamborghini di Italia sejak November 2015. Di sini Pertamax bekerja bersama Lamborghini yang telah menjadi technical partner Pertamina sejak 3 tahun lalu.

“Pengembangan masih terus dilakukan bersama tim balap Lamborghini. Ada beberapa formula aditif yang ada di bahan bakar tersebut dan sedang dikembangkan formulanya untuk kebutuhan pasar tanah air,” ucap Afandi.

Pertamax Turbo rencananya akan diproduksi di kilang dalam negeri yakni kilang Balongan dan kilang Plaju. Kedua kilang tersebut dapat menyesuaikan produksi bahan bakar dengan nilai RON 98. 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa