Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Butuh Mobil Sejuta Umat Dana "Cekak", Ini Pilihannya!

Donny Apriliananda - Senin, 14 Maret 2016 | 13:32 WIB

Jakarta, Otomania – Indonesia sudah diakui banyak pihak sebagai surganya mobil 7-seater. Tapi tak semua orang mampu membeli dalam kondisi baru, karena dana yang tersedia belum cukup. Tak perlu baru sebenarnya, karena masih banyak mobil dengan kapasitas ”keroyokan” yang terjangkau.

Otomania coba merangkum mobil-mobil berpenumpang tujuh orang atau lebih yang bisa diboyong dengan kocek tak lebih dari Rp 100 juta. Setelah ditelisik, ternyata cukup banyak pilihan. Kini bergantung selera yang akan menentukan.

Kami membatasi tahun pembuatan di atas 2005, atau yang masih rasional untuk dipakai dalam jangka waktu berapa tahun ke depan. Berikut pilihannya:

1. Nissan Grand Livina. Pilih tahun pembuatan di bawah 2010, karena kini harganya sudah berada di rentang Rp 90-100 jutaan. Buat Anda yang ingin tampil elegan dan berkendara nyaman, mobil ini bisa menjadi pilihan teratas.

2. Nissan Serena. Mobil ini masih banyak berkeliaran di jalan, karena harga bekasnya sudah sangat terjangkau, namun punya kenyamanan khas MPV bongsor. Tipe CT misalnya dan Highway Star (HWS), lansiran 2005 dan 2006 sudah banyak yang dijual Rp 90 jutaan.

3. Daihatsu Luxio. Model ini bisa dipilih untuk lansiran  2009-2011, yang masih dibanderol antara Rp 90-100 jutaan. Penampilannya cukup menarik meski mengadopsi model boxy. Ruang lega dan mudahnya perawatan menjadi keunggulan Luxio.

4. Daihatsu Xenia. Banyak model ini yang sudah dijual di bawah Rp 100 juta, asalkan tahun pembuatan di bawah 2009. Xenia masih cukup nyaman untuk membawa banyak penumpang, tapi hati-hati barang bekas rental yang kondisinya jauh di bawah standar.

5. Suzuki APV. People carrier yang sanggup menampung hingga delapan orang. Saking luasnya, jok barus ketiga sanggup memberikan ruang kaki yang nyaman. Pilih tahun pembuatan di bawah 2011, Anda sudah bisa membawa pulang MPV yang saat ini masih laku ini.

6. Toyota Avanza. Kalau Anda suka yang mainstream dan tak mau ribet saat menjualnya kembali, ini adalah pilihan paling rasional. Harga di bawah Rp 100 juta rata-rata diperoleh dari tahun pembuatan di bawah 2010.

7. Proton Exora. Tidak merasa bermasalah dengan citra merek? Ini mobil yang bisa dijadikan pilihan di barisan depan. Harga Rp 90-100 jutaan untuk lansiran di bawah 2012. Tapi kalau beruntung, banyak yang menjual murah, tahun 2013-2014 dijual di kisaran yang sama.

8. Datsun Datsun GO+ Panca. Jangan lupakan ”mobil murah” ini. Harga barunya saja bisa dijangkau, apalagi bekasnya. Pilih lansiran 2014-2013 yang masih cukup fresh, bisa dibeli dengan Rp 90 jutaan, meski jok baris ketiga hanya untuk anak-anak.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa