Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Solusi Instan Tingkatkan Audio Standard

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 10 Maret 2016 | 14:30 WIB

Jakarta, Otomania – Perangkat audio Original Equipment Manufacturer (OEM) sering kali dirasa kurang untuk memuaskan telinga pemiliknya. Kualitas seadanya kerap jadi alasan.

Guna mendapatkan kualitas lebih mumpuni idealnya dilengkapi dengan beberapa perangkat tambahan. Namun cara tersebut tentu harus merogoh kocek. Lantas, adakah cara hemat untuk itu?

“Cara sederhana adalah memanfaatkan menu equalizer dari head unit. Ibaratnya equalizer ini seperti tambahan 'bumbu' untuk menciptakan 'selera' sound sesuai keinginan pengendara,” ujar Eddie Soesanto, pemilik Cartens Autosound, di ITC Fatmawati, saat ditemui Otomania.com (10/3/2016).

Speaker bawaan dari OEM menurut Eddie tidak bisa memberikan hasil maksimal karena kemampuan mengisi di frekuensi rendah hingga tinggi tidak maksimal. Cara memanipulasi ada di equalizer untuk terdengar suara tersebut penuh di beragam frekuensi.

Equalizer standar biasanya menyediakan pengaturan untuk band treble dan bass. Pengaturan bisa mengikuti selera. Namun untuk permulaan sebaiknya menyetel kedua band dalam posisi nol. Pasang lagu kesukaan, usahakan lagu yang dirasa memiliki bass dan treble seimbang seperti lagu bernada rendah dengan beat lambat.

Seksama

Bila nada rendah dirasa terlalu besar kurangi bass dengan menekan tombol – atau jika dirasa kurang tekan tombol +. Ubah secara perlahan sembari didengarkan dengan seksama.

Pengaturan treble pun sama, namun untuk menaikkan treble biasanya diiringi dengan merendahkan bass. Begitu juga sebaliknya, untuk mengurangi treble maka harus menaikkan bass.

Beberapa audio OEM juga memiliki pengaturan di frekuensi tengah. Diposisikan mengisi suara antara bass dan treble.

Setelah dirasa cukup, coba ganti CD musik dan dengarkan lagu lain. Pastikan suara tidak ada yang lebih maupun kurang, tidak ada distorsi bass yang berdengung maupun treble yang mendesis.

“Jika equalizer bawaan OEM masih dirasa kurang artinya memang harus membeli head unit aftermarket yang menawarkan menu equalizer lebih detail. Dananya tentu disesuaikan dengan budget masing-masing,” tutup Eddie.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa