Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Fungsi Ganda Peredam di Kabin Mobil

Stanly Ravel - Senin, 7 Maret 2016 | 08:05 WIB

Jakarta, Otomania - Suara bising dari luar yang masuk ke kabin mobil membuat kenyamanan menjadi berkurang. Salah satu upaya mudah untuk mencegahnya adalah dengan mamasang atau mempertebal lapisan peredam di dalam interior.

Meski demikian, penambahan sistem peredam bukan hanya bisa menekan suara luar masuk ke kabin. Ini juga bisa meredam getaran yang terjadi pada bodi dan panel interior.

"Umumnya orang hanya paham pasang peredam bikin kabin lebih senyap. Padahal ada fungsi lain yang tak kalah berguna, yakni meredam getaran pada bodi mobil dan panel interior. Biasanya getaran ini terjadi terjadi saat di kecepatan tinggi dan jarang disadari pengendara," ucap Rochim pemilik sekaligus mekanik instalasi CAS Audio di MGK kepada Otomania, Jumat (4/3/2016).

Panel interior seperti bagian dasbor rawan getaran ketika mobil melaju pada kecepatan tinggi. Seiring penggunaannya, getaran akan makin tinggi, begitu juga pada bodi mobil.

Dalam dunia instalasi audio, pemasangan peredam sangat dianjurkan. Selain bisa membuat kabin lebih senyap dan nyaman ketika mendengarkan audio, hal ini juga mencegah terjadinya getaran berlebih pada panel dan bodi yang bisa menggangu hasil suara dari speaker. Semakin minim getaran makin jelas dan jernih suara yang dihasilkan.


"Paling tidak titik peredam yang wajib di pasang itu ada pada pada empat bagian. Pintu, dinding antara dasbor dan mesin (firewall), lantai bawah dan plafon atas mobil. Pemasangan peredam juga bisa bikin dasbor lebih awet, tidak cepat bergetar," ucap Rochim.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa