Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Salah Posisi Transmisi, Bisa Membahayakan

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 1 Maret 2016 | 08:37 WIB


Jakarta, Otomania –
Ketika baru belajar berkendara mobil, khususnya bertransmisi manual, salah satu yang harus dipahami adalah menentukan posisi level transmisi dengan benar. Ichsan Ady Permana, Instructure Technical Training Center Astra Daihatsu Motor coba memberikan informasi mengenai hal tersebut.

Dijelaskan, tenaga mesin di tiap posisi transmisi berbeda-beda, jadi harus disesuaikan dengan kebutuhan berkendara. Seperti ketika mulai berjalan, atau pada saat mobil menghadapi kondisi jalan menanjak dan menurun.

“Transmisi punya fungsi untuk mengelola putaran dan tenaga mesin sesuai kebutuhan. Ketika berkendara, mobil punya kebutuhan beban yang berbeda. Seperti waktu mulai berjalan atau menanjak, situasi ini butuh tenaga yang besar, dan umumnya menggunakan gigi 1 dan 2. Mesin mobil punya tenaga berlipat ganda, biasanya 2 sampai 3 kali lipat. Kemudian pada gigi tiga dan seterusnya tenaga akan semakin berkurang,” jelas Ichsan.

Efek salah

Ichsan melanjutkan, jika posisi transmisi tidak sesuai dengan kebutuhan kendaraan, misalnya ketika menanjak menggunakan gigi 3 atau 4,  maka akibatnya mobil bisa mati. Sebaliknya, ketika dalam kecepatan tinggi kemudian menurunkan posisi transmisi (deselerasi) tiba-tiba, mesin akan meraung disertai entakan.

“Mobil bisa mati mendadak di jalan, karena posisi transmisi tidak sesuai, terutama ketika menanjak dan ini membahayakan. Melakukan deselerasi (penurunan posisi gigi) tidak sesuai dengan kecepatan, maka mobil akan meraung. Apabila sering terjadi, maka bisa mengalami kerusakan pada gigi gardan,” ujar Ichsan.

Ichsan mengingatkan, maka dari itu penting untuk memahami posisi transmisi yang tepat ketika berkendara. “Tentunya selain mengerti teorinya, kebiasaan mengendarai mobil juga mempengaruhi kualitas berkendara,” ujar Ichsan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa