Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bersihkan Kaca Helm Jangan Pakai Detergen

Ghulam Muhammad Nayazri - Senin, 29 Februari 2016 | 17:43 WIB

Jakarta, Otomania –
Visor atau kaca helm  jadi salah satu komponen helm yang juga perlu mendapat perawatan. Namun ketika akan membersihkan bagian ini, dianjurkan untuk menghindari penggunaan detergen sebagai pembersihnya.

“Kaca perlu juga dibersihkan, namun jangan menggunakan deterjen atau zat berbusa lainnya. Cukup dengan menggunakan air bersih biasa saja, tanpa harus menggunakan sabun atau detergen,” ujar Irwan, Brand Technical Support Cargloss Proriders, saat dijumpai Otomania di FX Sudirman, Kamis (21/1/2016).

Irwan menjelaskan, penggunaan detergen saat membersihkan visor (kaca helm) akan membuat kaca cepat rusak. Selain itu, ketika tidak bersih membilasnya maka akan ada sisa detergen yang tersisa, dan mengakibatkan timbulnya bercak besar seperti "peta" yang akan mengganggu pandangan.

“Jadi cukup bersihkan dengan sederhana saja. Dari sisi pengelapan juga sebaiknya menggunakan microfiber atau kain halus dan lembut, yang khusus hanya digunakan untuk membersihkan visor. Jangan menggunakan kanebo bekas, karena dikhawatirkan akan ada debu yang menempel dan menimbulkan goresan pada kaca helm,” ujar Irwan.

Irwan melanjutkan, kalau kaca tergores maka akan mengganggu penglihatan, khususnya pada saat berkendara di malam hari. “Jadi cahaya lampu kendaraan dari arah yang berlawanan tidak memantul sempurna dan pandangan terganggu,” ujar Irwan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa