Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Siap-siap Sambut Brio Satya CVT

Azwar Ferdian - Rabu, 24 Februari 2016 | 10:01 WIB

Jakarta, Otomania - Segmen mobil murah ramah lingkungan (LCGC) akan makin semarak dengan senjata baru yang disiapkan Honda Prospect Motor (HPM). Brio Satya sebagai LCGC dari Honda, bakal mendapat versi facelift sekaligus disempurnakan dengan transmisi otomatis.

Brio Satya nantinya menggunakan CVT (continuously variable transmission) sama seperti MPV Mobilio dan BR-V yang diproduksi lokal. Dari data Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor, HPM diketahui hanya mendaftarkan CVT pada tipe tertinggi E.

Ketiga tipe yang sudah masuk TPT yakni Brio Satya 1.2 E MT CKD, Brio Satya 1.2 S MT CKD, dan Brio Satya 1.2 E CVT CKD.

Di segmen low cost green car (LCGC) Brio Satya jadi model pertama yang menawarkan transmisi jenis CVT. Alternatif lain tentu ada Suzuki Karimun Wagon R yang sudah menawarkan transmisi “manual rasa matik“ AGS (Auto-Gear Shift). Hingga saat ini cuma duet Datsun GO dan GO+yang belum punya matik.

CVT
Pada Desember 2015 lalu HPM merilis keterangan resmi kapasitas produksi CVT yang dilakukan Honda Parts Precission Manufacturing ditingkatkan dari 375.000 unit per tahun menjadi 750.000 unit per tahun. Bisa jadi inilah langkah awal untuk menyiapkan produksi Brio Satya CVT.
Hampir semua model Honda yang dipoduksi di dalam negeri menggunakan CVT, yakni Jazz, Mobilio, BR-V, dan HR-V. Hanya Fred yang masih konvensional, menggunakan matik 5-percepatan.

Editor : Azwar Ferdian
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa