Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cairan Radiator Khusus Motor Sport

Ghulam Muhammad Nayazri - Jumat, 12 Februari 2016 | 07:19 WIB

Jakarta, Otomania –
Musuh terbesar pengguna sepeda motor bekubikasi besar (moge) di Indonesia yaitu overheat atau suhu mesin terlalu tinggi. Ini lantaran kondisi suhu udara yang tinggi dan arus lalu lintas yang padat.

Ronald Johanson Pakpahan pemilik bengkel spesialis moge sport Setia Motor (Lae SM) mengatakan, memang sudah menjadi ciri khas moge yaitu bermesin panas, salah satunya karena kapasitas silinder yang besar. Maka dari itu jangan pernah lupakan untuk melakukan penggantian air radiator.

“Salah satu kendala yang mengerikan dari moge yaitu mesinnya yang panas. Ini tentunya bisa merusak komponen bagian dalam mesin dan akan berakibat fatal,” ujar Ronald kepada Otomania, Kamis (11/2/2016).

Ronald melanjutkan, sedikit mengatasi permasalahan tersebut, bengkel miliknya menyediakan cairan pendingin khusus moge, salah satunya merek Faito. Cairan ini diklaim punya kemampuan menurunkan 3-4 derajat Fahrenheit suhu mesin.

“Angka tersebut bisa dikatakan lumayan untuk menjaga suhu mesin agar tidak terlampau tinggi. Ini merupakan produk asal Malaysia, harganya dibanderol Rp 95.000 per botolnya,” ujar Ronald.

Sementara, kata Ronald, kebutuhan air radiator tiap moge rata-rata 4-5 botol. Secara rutin, air radiator ini udah seharusnya dilakukan penggantian setiap 6 bulan sekali. "Memang sedikit lebih mahal, namun bisa mencegah keluarnya uang lebih besar karena overheat," ujar Ronald.

Setia Motor (Lae SM)

Jalan Raya Pulogebang nomor 83
RT 011/04 Jakarta Timur 3950
087780319679/081280383100

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa