Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mau Tahu Berapa Biaya Servis Berkala Moge ?

Ghulam Muhammad Nayazri - Kamis, 11 Februari 2016 | 17:33 WIB

Jakarta, Otomania –
Punya sepeda motor kubikasi besar dengan harga yang tinggi, jangan pernah lupakan perawatan rutin. Karena ketika sudah rusak, maka komponennya juga akan sulit didapatkan dan mahal.

Hal ini seperti disampaikan Ronald Johanson Pakpahan pemilik bengkel spesialis moge sport Setia Motor (Lae SM) saat djumpai Otomania, Kamis (11/2/2016).

“Perawatan berkala biasanya melakukan penggantian oli dan filter oli. Namun jika memang diperlukan, busi juga harus diganti. Ini tentunya untuk menjaga mesin tetap awet dan tidak mudah mengalami kerusakan,” ujar Ronald.

Ronald menambahkan, untuk servis sendiri dilakukan maksimal setiap enam bulan sekali. Untuk jenis oli yang digunakan dianjurkan jangan terlalu encer maupun kental, seperti dengan SAE 10W-40. Biaya servis berkala berkisar Rp 3 jutaan, sekaligus penggantian busi dan filter oli.

“Sepeda motor yang biasa servis ditempat saya Aprillia, Ducati, MV Agusta, Kawasaki, Suzuki, Yamaha, dan Honda. Untuk moge sport tersebut, rata-rata oli yang dibutuhkan tiga sampai empat liter, dengan harga perliter untuk merek Pertamina Enduro Rp 260.000 sementara Ride Rp 375.000 per liter,” ujar Ronald.

Ronald mengingatkan, meski sepeda motor tidak digunakan setiap hari, bukan berarti perawatan rutin bisa ditunda lebih lama. “Banyak pemilik moge yang sering mengundur perawatan lantaran moge jarang digunakan, dan itu merupakan perilaku yang salah. Karena meski tidak digunakan, oli sepeda motor tetap mengalami penurunan kualitas,” ucap Ronald.

Setia Motor (Lae SM)
Jalan Raya Pulogebang nomor 83
RT 011/04 Jakarta Timur 3950
087780319679/081280383100

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa