Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenali Fungsi "Low Gear" di Transmisi Otomatis

Stanly Ravel - Jumat, 22 Januari 2016 | 20:01 WIB

Tiap mobil otomatis memiliki sistem transmisi yang berbeda-beda. Sebagian ada yang telah dilengkapi dengan pilihan low gear atau biasa diwakili dengan huruf L serta pilihan angka 1 dan 2.

Bicara soal kegunaannya, low gear bisa diandalkan ketika mobil sedang menanjak atau ketika menghadapi turunan curam. Tapi dalam kenyataanya banyak orang yang belum tahu fungsi sebenarnya, bahkan ada yang menggunakan layaknya mengoperasikan mobil manual.

"Fungsinya memang sebagai gigi rendah, tapi banyak orang masih salah menggunakannya. Ada yang menganggap seperti mobil manual karena terdapat pilihan transmisi, jadi saat akan berjalan selalu diawali dengan gigi rendah dulu, padahal D (drive) saja sudah cukup," ucap Indah Yuliana, Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang kepada Otomania, Rabu (20/1/2016).

Menurut Indah, saat sudah berada di posisi D ketika awal berjalan sistem sudah akan berada di posisi gigi rendah, tidak perlu lagi memindahkan ke tuas low gear. Seiring gerak laju mobil transmisi akan menyesuaikan kebutuhan tenaga.

Selain itu, ada juga beberapa pabrikan yang menyediakan versi manual di transmisi otomatis, bisanya untuk jenis CVT. Cukup mengeser tuas transmisi ke posisi manual (+/-), maka perpindahan gigi bisa dilakukan layaknya menggunakan mobil manual dengan mengerakan tuas, atau fitur paddle shift untuk mobil modern.

Eric dari bengkel modifikasi Engine+ yang lumayan sering menangani mobil matik juga ikut berkomentar. Saat ini perkembangan transmisi otomatis cukup pesat, selain konvensional, ada juga model CVT, dualclutch dan lain sebagainya, hal ini lah yang perlu diketahui pemilik mobil supaya bisa mengerti fugsinya.


"Mobil matik itu ada beberapa tipe dan tingkatan transmisi, kalau Toyota umumnya empat percepatan. Tipe mobil lain ada yang sampai enam, bahkan tujuh percepatan. Secara fungsi sama, tapi tidak semuanya ada pilihan low gear. Biasanya untuk yang tidak memiliki low gear dan hanya ada D saja, rotasi putaran transmisi sudah diatur oleh sistem, jadi saat kondisi mobil membutuhkan tenaga transmisi akan menyesuaikan sendiri," ucap Eric.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa